Selamat, sekarang anda sudah punya domain sendiri, dan yang lebih kerennya lagi, sekarang anda sudah punya email yang terkustomisasi dengan nama domain tersebut.

Tapi, bagaimana cara buka email domain sendiri? Jangan bingung, kami sudah menyiapkan tutorial lengkapnya melalui artikel berikut ini.

Memiliki email tanpa embel-embel domain yang sudah umum seperti namaemail@yahoo.com, atau namaemail@gmail.com, sepertinya memiliki kebanggaan tersendiri, terutama untuk bisnis. Apalagi sekarang penyedia jasa hosting sudah menggratiskan pembuatan email domain hingga jumlah yang tidak terbatas (unlimited).

Sangat sayang jika hal tersebut tidak dimanfaatkan, bukan begitu?

Tapi tidak semua orang memiliki informasi terkait bagaimana cara membuka email domain, padahal email domain bisa anda buka dari berbagai device, mulai dari laptop, PC, Tablet, bahkan Handphone android anda.

Cara Membuka Email langsung dari domain anda

Untungnya teknologi hosting kini memungkinkan anda untuk mengakses email langsung dari domain anda. Yang perlu anda lakukan hanya mengakses url domain anda sebagai contoh :

namadomain.com/webmail

jika anda menggunakan domain .net, web.id, atau domain-domain lain, anda bisa mengganti bagian akhir .com dengan akhiran milik domain anda.

Secara langsung, domain tersebut akan mengarah ke halaman login email anda (dengan catatan anda sudah mengaktifkan email domain tersebut). Yang anda perlukan adalah memasukan username email anda dan password yang sudah dibuat sebelumnya.

Andapun bisa mengakses alamat ini dari handphone android, anda cukup membuka browser di smartphone, dan mengetikan url yang sama, dan halaman login email seperti itu akan muncul.

Cara Membuka Email Domain Dari Smartphone Android/iOS

Cara lain untuk membuka email domain dari smartphone dengan mudah adalah dengan memanfaatkan fitur email atau applikasi gmail.

Ya, anda bisa membuka email domain anda dengan aplikasi gmail. Yang perlu anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah berikut ini, untuk menghubungkan antara server email domain anda dengan server email google nantinya.

1. Buka situs host domain Anda di tab baru

Jika tidak yakin siapa host domain Anda, cari host domain Anda. Pelajari lebih lanjut

2. Login ke host domain

Login menggunakan nama pengguna dan sandi host domain Anda. Jika Anda lupa sandi, hubungi dukungannya.

3. Buka data MX untuk menyiapkan email

Jika tidak dapat menemukan petunjuk untuk host domain Anda, gunakan langkah umum berikut.

Catatan: Jika orang sudah memiliki email dengan domain Anda (misalnya pengguna@domainanda.com), buat akun pengguna mereka di konsol Google Admin sebelum menyiapkan data MX Anda. Dengan demikian, mereka akan terus menerima email.

  1. Di tab atau jendela browser kedua, login ke akun host domain Anda. Bantu menemukan host saya.
  2. Buka bagian tempat Anda dapat memperbarui data MX domain. Bagian tersebut mungkin memiliki nama seperti Pengelolaan DNSSetelan Email, atau Setelan Lanjutan.
  3. Pilih opsi untuk menambahkan data baru.

4. Hapus setelan MX lama

Hapus data MX saat ini yang mengirim email ke penyedia email Anda yang lama. Setelah itu, tambahkan data MX baru untuk G Suite.

Jika Anda tidak dapat menghapus data yang sudah ada, ubah angka prioritas ke 20 atau yang lebih tinggi.

5. Siapkan email dengan menambahkan data MX untuk Gmail.

  1. Dari menu drop-down Type, pilih MX.
  2. Pada kolom Nama/Host/Alias, masukkan @ atau biarkan kosong.
  3. Pada kolom Server/Server Email/Nilai/Jawaban/Tujuan , masukkan ASPMX.L.GOOGLE.COM..
  4. Di kolom Priority, masukkan 1.
  5. Pada kolom Time to Live (TTL), masukkan 3600 atau gunakan nilai default.
  6. Klik Simpan.
  7. Ikuti langkah yang sama tersebut untuk menambahkan data MX yang diperlihatkan di tabel ini. Mulai dari bagian atas tabel dan masukkan sebanyak mungkin sesuai kapasitas yang ada.
ALAMAT SERVERMX PRIORITAS
ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM.5
ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM.5
ALT3.ASPMX.L.GOOGLE.COM.10
ALT4.ASPMX.L.GOOGLE.COM.10

Catatan: Setiap email ditujukan bagi server email Gmail. Variasi diatas digunakan oleh google untuk mengantisipasi jika salah satu server tidak dapat bekerja. Beberapa host juga mewajibkan nama server diakhiri dengan tanda titik.

Nah demikian adalah cara untuk membuka email domain anda dengan berbagai metode, anda tinggal memilih mana yang sesuai kebutuhan.