3 Cara Cek Backlink Website – Backlink menjadi salah satu faktor lain guna mendukung website berada di urutan teratas halaman hasil pencarian. 

Banyak pelaku SEO yang masih merasa bahwa backlink memberikan transfer authority sebuah website, yang mendukung rank signal E-A-T. Dengan mendapatkan backlink yang memiliki authority tinggi, tentu peluang untuk menang dipage one menjadi lebih tinggi.

Untuk mendapatkan backlink dengan authority tinggi ini memang tidak mudah, selain kita harus meluangkan waktu melakukan negosiasi, kita juga harus menyediakan budget yang tidak sedikit. 

Cara Cek Backlink Website dengan bantuan tools

Untungnya untuk mendapatkan backlink, ada beberapa tools atau software yang bisa membantu kita mendapatkan backlink milik kompetitor. Diharapkan dari sekian banyak backlink yang tersedia, ada beberapa yang bisa kita manfaatkan pula untuk membantu meningkatkan rangking website kita.

Tools-tools yang tersedia untuk cek backlink ini ada yang gratis dan berbayar, tapi dalam artikel ini, kami akan memberikan 3 tools gratis yang bisa bantu kamu untuk memeriksa backlink dalam sebuah website.

1.Neil Patel Ubersuggest

Buat kamu pengabdi aliran strategi Neil Patel, maka kamu tidak asing dengan Ubersuggest, sebuah tools yang disediakan untuk melakukan riset keyword ini ternyata bisa digunakan untuk memeriksa backlink kompetitor, belum tau?

Cara cek backlink website pakai tools ubersuggest Neil Patel

Cara cek backlink website dengan ubersuggest ini tidak berbeda dengan memerika keyword. Kamu cukup memasukan alamat web yang hendak kamu periksa, lalu akan muncul overall traffic dari domain tersebut. 

Perhatikan sisi kiri layar anda, dan lihat button backlink. Nah klik tombol tersebut untuk menampilkan backlink yang mengarah ke domain anda/kompetitor.

2.Moz Bar

Walau sudah hampir di tinggalkan oleh beberapa praktisi SEO lokal di Indonesia, faktanya moz masih diperhitungkan oleh praktisi SEO internasional. Karena ada satu fitur yang cukup menarik yang hanya dimiliki oleh moz, yaitu Authority Check.

Untungnya, membuat akun di Moz masih gratis dan kita bisa mengakses tools tersebut secara cuma-cuma. 

Cara memeriksa backlink dengan tools ini pun cukup mudah, kita tinggal memasukan alamat website yang hendak diperiksa. Saat menampilkan hasil, moz akan melampirkan page authority dan domain authority dari website tersebut, bahkan hingga toxic scorenya.

3.SmallSEOtools.com

Begitu banyak website-website yang secara gratis menyediakan tools untuk memeriksa backlink, diantara semuanya, kami merekomendasikan satu tools yang cukup mudah diakses yaitu smallseotools.com.

Cara memeriksanya cukup simpel, kita hanya tinggal memasukan alamat website yang hendak kita periksa. Lalu hasilnya langsung muncul dan anda bisa langsung memeriksa sumber backlinknya.

Demikian 3 tools untuk memeriksa backlink website, kedepannya kami akan mencari resource baru yang bisa membantu anda dalam mendukung campaign SEO anda.