Setelah melakukan proses onpage dan offpage dalam SEO, tentu kita ingin tahu seberapa besar efek yang ditimbulkan terhadap peringkat website kita di SERP dengan cara cek ranking website. Kita berharap bahwa konten kita akan mampu masuk ke halaman pertama, menduduki posisi strategis.

Untuk memeriksa peringkat website, kita bisa saja mengetikan keyword tersebut dalam kotak pencarian google, dan memperhatikan apakah website kita sudah masuk kedalam hasil pencarian. Tapi itu justru lebih lama dan merepotkan jika kita memiliki lebih dari 10 kata kunci untuk diperika.

Opsi berikutnya adalah dengan menggunakan tools bantuan yang disediakan untuk memeriksa ranking. Sedangkan untuk keyword management, tools yang disediakan kadang berbayar dengan harga yang tidak murah.

Panduan Cara Cek Ranking Website Beserta Dengan Tools yang dapat membantu memeriksanya secara gratis

Lalu bagaimana caranya memeriksa ranking website anda tanpa harus mengetikan satu persatu? Untuk para low budget SEO, kami punya kabar baik. Melalui artikel berikut ini, kami berikan cara melakukan pengecekan peringkat website anda dengan gratis.

Cara 1 – Dengan Google Search Console

Memeriksa website bisa dilakukan dengan memeriksa search console. Salah satunya dengan tools gratis yang disediakan oleh google ini, kita bisa memerika posisi keyword utama bahkan keyword turunannya yang cukup mudah hanya dalam satu kali kesempatan.

cek ranking website pakai google search console

Caranya hanya tinggal memasukan kata kunci yang anda ingin diperiksa kedalam performance, lalu filter berdasarkan keyword.

Cara 2 – Dengan Whatsmyserp.com

Tools untuk memeriksa skor SEO secara gratis sudah banyak, namun sangat sedikit yang menyediakan tools untuk memeriksa posisi kata kunci di SERP. 

Untungnya ada salah satu tools yang bisa menyediakan itu dengan cuma-cuma alias gratis, bernama whatsmyserp.com. Website ini cukup sederhana untuk digunakan oleh pemula tanpa perlu banyak setting.

Yang anda perlu lakukan adalah memasukan keyword yang ingin diperiksa dalam kolom yang tersedia. Lalu ganti negara pencarian dengan Indonesia. 

Cara 3 – Dengan affilorama.com

Affilorama adalah sejenis SEO campaign management yang bisa digunakan untuk memeriksa kata kunci yang sedang menjadi target campaign kita. Tools ini bersifat gratis, namun ada beberapa batasan, layaknya tools-tools lain.

Kita bisa memeriksa dengan memasukan keyword pada tab manage keyword. Pertama-tama kita masukan dulu keyword yang ingin kita periksa dalam kampanye seo, setelah itu periksa di tab SEO – Ranking. Dan kita sudah bisa melihat keyword tersebut performanya seperti apa dari hari ke hari, minggu ke minggu, hingga bulan ke bulan. Cukup mudah, bukan?

Cara 4 – Ubersuggest.com

Tools ini menjadi tools favorit para SEO yang baru saja memulai karir mereka didunia Search Engine Optimisation atau blogger yang baru saja belajar SEO.

Karena banyak dari mereka yang mendapat rekomendasi teknik SEO yang dilakukan oleh sang owner produk ubersuggest, yaitu Neil Patel.

cek ranking website pakai ubersuggest

Saat ini, ubersuggest sudah bisa memeriksa campaign SEO yang kita lakukan, bukan sekedar hanya memeriksa volume pencarian keyword saja. Untuk cek rangking website menggunakan tools ini, kita cukup memasukan alamat email yang terhubung dengan search console website kita.

Kemudian keyword yang menjadi target campaign kita akan muncul secara otomatis didalam platformnya.

Ke empat cara tersebut bisa digunakan untuk memeriksa ranking website kamu secara gratis. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk sementara, sampai ada budget yang memang secara khsusus didedikasikan dalam membeli tools keyword management.