Cara Install Plugin WordPress Tanpa Bikin Error – Pernah install plugin wordpress tapi malah bikin error website kamu? Ternyata masalah ini bukan hanya dialami kamu sendirian.

Untungnya dengan berbagai macam pengalaman kami menangani banyak client, dan hasil diskusi dengan beberapa group wordpress, kami bisa membuat artikel ini yang berisi bagaimana caranya menginstall plugin di website berbasis CMS wordpress, tanpa harus pusing dengan error.

Panduan Cara Installasi Plugin di WordPress Yang Baik Dan Benar

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang menjadi favorit banyak orang. Karena CMS ini membuat orang bisa memiliki website dengan berbagai macam keperluan tanpa harus memiliki kemampuan koding.

Mulai dari blog pribadi, website company profile, bahkan hingga membuat toko online, bisa kita buat hanya dengan klik and drag, sesimpel itu. Terlebih lagi, wordpress adalah CMS yang SEO friendly, artinya kita dimudahkan dalam proses Search Engine Optimisation.

Semua fitur tersebut bisa terwujud karena adanya plugin yang atau add on yang bisa ditambahkan ke dalam website. Dimana plugin tersebut ada yang bisa diperoleh dengan gratis, maupun berbayar.

Plugin-plugin tersebut disediakan oleh komunitas wordpress developer yang tersebar di seluruh dunia. Namun karena banyaknya plugin dengan bermacam developer di belakangnya, menjadikan plugin kadang tidak bisa kita pasang secara bebas, bahkan ada yang membuat website error.

Untuk mencegah hal itu, kita perlu melakukan beberapa cara sebelum menginstall plugin dalam website kita.

Hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan installasi plugin wordpress agar tidak error

Install plugin di localhost atau server local

Dengan melakukan installasi di localhost, kita bisa memeriksa apakah plugin tersebut berpotensi menciptakan error dalam website kita.

Bagaimanapun, plugin adalah serangkaian kode yang dipasang kedalam website kita secara terpisah, oleh sebab itu, perbedaan struktur kode, bisa mengakibatkan error.

Alangkah baiknya mencoba terlebih dahulu di server lokal sebelum di upload ke server utama atau domain website kita.

Cek Review Pengguna Plugin di halaman wordpress

Kelebihan wordpress adalah komunitas developer dan pengguna yang besar. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencoba terlebih dahulu plugin tersebut dan meninggalkan review berupa bintang di halaman resmi plugin wordpress tadi.

cek halaman review plugin

Periksa mana plugin yang memiliki pengguna paling banyak dan bandingkan review bintangnya dengan plugin yang lain.

Cara ini cukup efektif untuk memastikan bahwa plugin tersebut setidaknya tidak mengakibatkan error di website orang lain.

Pastikan Versi WordPress Kita Mendukung Plugin

Ada kalanya website menjadi error karena versi wordpress kita lebih usang, maka penting untuk memeriksa apakah versi wordpress kita sudah mendukung plugin tersebut.

Pastikan mengaktifkan debug mode pada wp-config

Tujuan dari menyalakan debug mode ini adalah untuk mengetahui apakah terjadi error yang diakibatkan oleh instalasi plugin tadi dalam website kita.

Karena saat sebuah kode di masukan dalam halaman wordpress kita, biasanya ada struktur pemrograman yang berubah. Perubahan yang tidak diinginkan, bisa memicu terjadinya error saat menjalankan plugin.

Untuk mengaktifkan mode debug pada wp-config, masuk ke akun cpanel website kita, lalu akses file manager, dan cari file wp-config.

Pengaturan WP-Config PHP pada wordpress

Lalu cari kode berikut ini :

define( 'WP_DEBUG', false );

Ubah setingan menjadi true, dan kamu sudah mengaktifkan debug mode. Jika kemudian terjadi error, wordpress akan memberitahu pada bagian apa terjadi kesalahan installasi plugin di websitemu.

Proses Installasi Plugin WordPress Secara Otomatis

Untungnya CMS wordpress cukup canggih untuk memasang plugin-plugin dalam website kita secara otomatis.

panduan installasi plugin wordpress dari CMS
  • Caranya cukup buka halaman plugin, lalu pilih add new.
  • Kemudian cari plugin yang ingin anda pasang dalam website anda, lalu klik install
  • Setelah proses installasi selesai, lalu aktifkan plugin. Selesai

Proses Installasi Plugin WordPress secara manual

Disclaimer :

Pastikan anda mengerti bagaimana caranya mengakses cpanel jika hendak melakukan cara dibawah ini. Kami tidak bertanggung jawab atas error yang terjadi dikemudian hari apabila anda memaksa melakukan installasi manual plugin tanpa mengetahui cara akses cpanel ini.

Proses instalasi plugin secara manual ini bisa menguntungkan bagi para developer atau mereka yang hendak melakukan installasi sekali jalan.

Maksudnya, saat installasi, semua plugin langsung terpasang dan bisa diaktifkan secara bersama-sama.

  • untuk install plugin secara manual, buka file manager pada cpanel anda
  • buka folder wp-content –> plugin
  • upload semua plugin yang ingin anda install dalam folder ini, pastikan file berbentuk zip atau tar.gz
  • Setelah selesai upload, klik extract, tunggu sampai proses extraksi selesai

Plugin anda sudah terinstall, lalu kembali ke dashboard website anda

Buka plugin –> installed plugin. Pilih semua plugin yang hendak diaktifkan dengan cara klik centang yang ada disebelah kiri. Klik bulk action –> activate.

Dan semua plugin kalian sudah bisa digunakan.

Demikianlah cara melakukan installasi plugin di dalam website wordpress tanpa harus hawatir error. Cara-cara tersebut sudah kami praktekan secara langsung di website kami maupun di website client. Selamat mencoba