Saat ini instagram bukan hanya digunakan untuk memajang foto-foto atau video saja, banyak orang menjadikan instagram sebagai galeri atau album untuk jualan produk-produk yang dimiliki.

Berbagai macam cara jualan online di instagram bisa kita temui, mulai dari sistem reseller, dropshipping, hingga kemitraan atau partnership, semua dilakukan untuk membantu mensukseskan bisnis yang kita jalankan.

Lalu pertanyaannya, apakah benar-benar sukses?

Untuk suskses jualan online di instagram, kita perlu melakukan berbacai macam langkah-langkah marketing digital yang tepat sasaran.

Hal ini sudah pernah kami sebutkan dalam program kelas digital marketing, mungkin kalian berminat untuk mengikutinya secara langsung.

Bagaimana Cara Jualan Online Di Instagram Yang Pasti Bisa Dilakukan Bahkan Oleh Seorang Pemula Sekalipun?

Banyak hal yang tidak diketahui tentang cara berjualan online yang baik di instagram, sehingga tidak bisa mendapatkan hasil yang diinginkan secara maksimal.

Untungnya, kami telah melakukan banyak riset terkait hal itu, dan kami sajikan dalam artikel ini. Berikut adalah cara jualan online yang dijamin akan membuat sukses, bahkan bisa dilakukan oleh seorang pemula sekalipun.

Atur Feed Instagram Sesuai Kebutuhan Jualan

Mengatur feed menjadi salah satu kunci terpenting sukses atau tidaknya jualan online yang kita lakukan.

mengatur feed IG bisa meningkatkan penjualan

Pengaturan feed bisa kita lakukan dengan mengatur post untuk hal-hal yang berbau jualan, seperti menampilkan produk yang paling laris, atau best selection berdasar musim/tema.

Tambahkan Link-In-Profile di bio instagram

Link in profile adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan transaksi di dalam akun instagram kita.

Instagram memiliki fitur untuk bisa meletakan sebuah link di bio profile, sehingga siapapun yang mengunjungi profile instagram kita, bisa kita arahkan untuk melakukan klik pada link tersebut.

link in profile bisa menambah konversi penjualan

Link-in-profile ini bisa kita isi dengan aplikasi seperti linktr.ee, atau campsite, dimana didalamnya kita bisa meletakan informasi seperti nomor whatsapp, akun tokopedia, akun shoppee, dan akun marketplace lain yang membantu meningkatkan transaksi penjualan.

Dalam artikel khusus, kami sudah menuliskan beberapa situs penyedia link-in-profile yang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan meningkatkan konversi, kamu bisa menemukannya pada postingan kami sebelumnya.

Maksimalkan Fitur Story Hightlight

Story Hightlight adalah fitur lain yang menjadi kelebihan instagram, dan bisa kamu manfaatkan untuk keperluan bisnis atau toko onlinemu.

sumber: techcrunch.com

Saat orang berkunjung ke halaman profile kita, bagian yang paling mudah ditemukan adalah fitur ini, sehingga kita bisa meletakan berbagai materi promosi yang memancing antusias mereka untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Meletakan informasi tentang bagaimana cara melakukan pemesanan, ketentuan tentang pengembalian barang, atau testimoni pembeli, juga dapat menambah peluang suksesnya toko online kita.

Kurang-kurangi cross comment promotion

Banyak toko online yang melakukan langkah komentar di akun orang lain, yang justru tidak berhubungan dengan apa yang sedang dibahas.

Kami mengerti bahwa tujuan mereka melakukan ini adalah untuk menggaet orang yang berkunjung pada postingan yang sedang ramai. Namun cara seperti ini terkesan memaksa, dan belum tentu orang-orang yang berada didalam postingan tersebut suka dengan apa yang anda tawarkan.

Oleh sebab itu, kami rekomendasikan untuk sekedar melakukan komentar yang sesuai dengan apa yang sedang di bahas atau sampaikan empati yang memang sesuai dengan waktu dan tempat.

Cara-cara lainnya bisa anda dapatkan dengan berlangganan newsletter kami, atau mengikuti kelas tentang Sukses Jualan Online Di Instagram yang bisa kamu akses dimana saja dan kapan saja.

Semoga informasi ini bermanfaat, selamat jualan online.