Pandemi COVID-19 jelas memukul mundur banyak sektor, yang berimbas terhadap penurunan ekonomi secara Global.

Untuk tetap bertahan, banyak pelaku bisnis melakukan promosi demi menjaga kelangsungan perputaran roda ekonominya, salah satu bentuk promosi yang mereka lakukan adalah dengan memanfaatkan media digital secara tepat.

Mengapa dalam kegiatan usaha perlu diadakan strategi promosi yang tepat? Jelas, karena dengan promosi yang tepat mampu menghasilkan laba atau keuntungan bagi bisnis dari proses marketing yang dijalankan. Istilah kerennya adalah Return Of Investment (ROI).

Pengertian Promosi Berdasar Para Ahli Pendidikan dan Pelaku Bisnis

Apa yang dimaksud dengan promosi? Apakah maknanya sama dengan pemasaran/marketing? Agar tidak simpang siur, mari kita telaah pengertian dari berbagai ahli di bawah ini.

Pengertian Promosi Menurut Philip Kotler

Menurut Philip Kotler, seorang penulis, konsultan, dan profesor pemasaran Amerika, yang juga aktif mengajar di Universitas Northwestern, mengemukakan dalam bukunya yang berjudul Principle Of Marketing bahwa

Promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar, dengan memadukan komposisi dari marketing mix dan promotional mix.

Philip Kothler, Principles of Marketing, 2010

Pengertian Promosi Menurut Harpher W. Boyd

Sedangkan Menurut Harpher W. Boyd, dalam bukunya yang berjudul Manajemen Pemasaran “suatu pendekatan strategis dengan orientasi global”, menyebutkan pengertian promosi sebagai berikut

Promosi adalah segala upaya yang dilakukan untuk membujuk orang/konsumen dalam menerima produk, melalui konsep dan gagasan yang dimiliki (brand message).

Harpher W. Boyd, Marketing Management, 2000

Pengertian Promosi Menurut Drs. Bashu Swastha

Dari Indonesia, tedapat Drs. Bashu Swastha yang memiliki pendapat tersendiri terkait promosi, menurut salah satu jurnal ilmiah yang dimiliki, pengertian promosi oleh Swastha adalah

Promosi adalah persuasi satu arah yang di buat untuk mempengaruhi konsumen/user dengan tujuan terjadi tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.

Drs. Bashu Swastha, Kajian Mendalam Marketing, 2000

Merujuk pada pengertian promosi dari para ahli tersebut, kita mendapatkan kesimpulan bahwa Promosi tidak sama dengan Marketing, namun lebih kepada proses untuk mendukung langkah-langkah dalam Marketing.

Karena merupakan langkah-langkah, maka siapapun yang hendak melakukan promosi, perlu mengetahui cara yang tepat, agar promosi berlangsung tepat sasaran.

Cara Melakukan Promosi Yang Tepat Sasaran Untuk Semua Model Bisnis Secara Digital

Dikarenakan bentuk bisnis yang bervariasi, maka cara yang akan kami jelaskan dalam melakukan promosi akan kami fokuskan kepada yang biayanya paling murah dan mudah dilakukan tanpa harus menggunakan tim tambahan.

Buat Asset Di Tempat-Tempat Ramai Pengunjung

Asset dalam hal ini adalah media yang bisa kita kendalikan sepenuhnya. Jika berencana untuk melakukan promosi secara daring atau online, maka anda bisa mulai membuat akun media sosial seperti instagram, facebook fanspage, atau akun-akun lain yang bisa dikunjungi oleh orang-orang.

Lalu lakukan cross promotion, dengan rajin mempromosikan lewat postingan di tiap asset yang anda miliki. Metode ini ampuh untuk menjaring audience dengan behaviour yang berbeda-beda.

Rencanakan Konten Plan Yang Mendukung Promosi

Cara terbaik untuk melakukan promosi secara organik dan low budget adalah dengan rajin melakukan promosi. Anda bisa mulai dengan mengatur konten plan tiap-tiap asset yang telah anda miliki sebelumnya.

Persiapkan Konten Plan

Mengatur Feed Instagram Yang Aestetik adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan katalog anda. Hal serupa bisa dilakukan untuk mereka yang memiliki akun twitter, dengan rajin melakukan posting hal-hal yang berkaitan dengan bisnis anda.

Akusisi Status IG/Tweet Orang Lain

Biasanya dalam media sosial, terdapat akun-akun yang memiliki pengaruh dengan banyaknya retweet atau komentar dari para followernya.

Dengan melakukan akusisi atau membuat postingan komentar yang mengandung promosi produk/jasa yang anda tawarkan, hal ini dapat membantu anda mendapatkan awareness secara cuma-cuma alias gratis.

Lakukan Proses Search Engine Optimisation pada Website

Search Engine Optimisation atau SEO adalah salah satu media promosi gratis yang bisa dilakukan bagi pemilik website.

Dengan penerapan SEO yang benar, kita bisa menargetkan kata-kata kunci strategis, berkaitan dengan produk atau bisnis yang kita miliki.

Meletakan Banner Di Media Dengan Traffic Tinggi

Memiliki website dengan traffic tinggi menjadi kelebihan bagi media, karena bisa mendatangkan target audiense yang dikehendaki oleh pemilik bisnis.

Kita bisa melakukan seleksi untuk media lokal atau blog yang memiliki traffic dengan engagement yang tinggi untuk diletakan banner promosi di salah satu area yang paling potensial.

Kesemua cara melakukan promosi yang kami sebutkan diatas sangat mudah dilakukan secara gratis atau low budget. Tentu jika anda memiliki pendanaan yang lebih, anda bisa melakukan promosi dengan memanfaatkan iklan.

Jika anda bingung, anda bisa bertanya kepada kami tentang jasa digital marketing yang tepat sasaran.