Cara Melakukan Riset Keyword – Keyword dalam SEO adalah sebuah kata-kata yang digunakan untuk memancing mesin pencari dalam mengumpulkan informasi pada sebuah halaman.

Banyak yang mengartikan bahwa keyword ini merupakan bagian penting dari proses search engine optimisation. Karena prosesnya yang penting, maka jangan sampai salah memilih keyword apa yang hendak dipakai.

Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak diabaikan ketika melakukan keyword research, oleh karena itu berikut kami sajikan tip melakukan riset keyword yang baik dalam SEO.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan keyword research, apa saja?

Sebelum kamu membuka tools untuk melakukan keyword research, ada baiknya beberapa hal ini kamu lakukan, biar tidak sia-sia dan berujung kecewa, yaitu:

1.Lakukan Trend Forecasting

Jika kamu berencana untuk membuat artikel dengan keyword yang berkaitan dengan hal-hal yang sedang trend, ada baiknya kamu lakukan trend forecasting. 

Membaca Google Trend untuk riset keyword

Yaitu membaca trend ini akan tetap ada, atau hilang jika trend tersebut sudah selesai. Cara melihat trend ini bisa menggunakan beberapa tools gratisan seperti trend.google.com, meltwater, atau ubersuggest yang sudah memasukan trend forecasting didalamnya.

2.PIlih keyword evergreen yang kompetisinya masih mudah

Kata kunci yang strategis biasanya sudah “dilahap” oleh marketplace, seperti harga, jual, promo dan sebagainya. 

Lakukan riset keyword evergreen yang kompetisinya masih mudah, seperti kata-kata yang hanya di dominasi oleh blog-blog. Biasanya keyword ini masih bisa dimenangkan dengan membuat konten yang lebih fresh, yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Baca : Cara Cek Rangkin Website Dengan Gratis

Trik ini cukup membantu, mengingat crawlBOT akan mencari konten yang lebih segar untuk beberapa topik.

3.Pahami Query keseluruhan

Banyak yang melakukan mispersepsi terhadap query dan keyword. Faktanya, banyak keyword yang memiliki dua makna atau lebih untuk diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

pentingnya memahami query saat riset keyword seo

Dengan adanya update terbaru, seorang SEO specialist sebaiknya memperhatikan terkait konteks atau maksud dari sebuah query. Jika kita terlalu fokus dengan keyword saja, bisa jadi kecil kemungkinan untuk bisa memenangkan persaingan.

Dalam materi kursus SEO yang sering kami lakukan, kami sudah menjelaskan bagaimana memahami sebuah query sesuai dengan update google BERT terbaru. Daftarkan diri anda segera untuk mengikuti kelas ini.

4.Cross Research

Kadang sebuah keyword juga bisa berhubungan dengan platform lain, seperti trending twitter, instagram top hastag, hingga trending instant article di facebook. Oleh sebab itu cross research bisa membantu kita dalam memenangkan persaingan di mesin pencari.

Nah demikianlah tips yang bisa kami berikan terkait bagaimana melakuan keyword research. Semoga memberikan manfaat dan mendukung campaign organik anda, jika mengalami kesulitan dalam melakukan keyword research, kami punya program kursus SEO yang membantu para pemula di SEO dalam menjalankan kampanye dari awal.