Perlu menambahkan informasi pada profile toko online, berikut cara membuat linktree yang bisa kamu sematkan di bio instagram, online shop seperti shopee, tokopedia, atau akun ecommerce lainnya.

Linktree adalah sebuah aplikasi yang dikenal sebagai link-in-profile, dimana kita bisa menambahkan link (url) untuk berbagai keperluan, cara ini kemudian cukup efektif sehingga banyak orang ingin membuat linktree muncul di profile bio toko online instagram, berisikan info seputar bisnis, seperti email, nomor whatsapp, atau info-info lainnya.

Panduan Membuat Linktree Instagram WA Toko Online

Untuk kamu yang kebetulan juga ingin menambahkan link-in-profile di akun-akun toko online, berikut cara membuat linktree dari awal hingga akhir.

Baca Dulu : Aplikasi Toko Online Pengganti Linktree Yang Lebih Bagus

Panduan Lengkap Cara Membuat Linktree dan Menempatkannya di profile toko online

Sebelum kamu meletakan linktree dalam profile toko online ataupun instagram, sebaiknya kamu membuat akun linktree terlebih dahulu. Berikut adalah cara membuat akun linktree di situs resminya.

  1. Buka domain linktr.ee
  2. Pilih tombol Sign Up For Free
  3. Isi semua form dengan informasi yang lengkap
  4. Sesaat setelah proses pengisian selesai, kemudian akan ada email verifikasi yang masuk, silahkan klik link tersebut untuk mulai mengaktifkan akun linktree anda.
  5. Alamat linktree anda biasanya di awali dengan http://linktr.ee/username
Tahapan Pembuatan akun di Situs Linktree Lengkap

Selamat, sekarang anda sudah terdaftar di linktree dan siap untuk membuat link dalam profile bisnis toko online anda. Untuk membuat link ini, silahkan masuk ke dashboard linktree yang baru saja anda verifikasi, cara-cara membuat link di linktree adalah sebagai berikut :

  1. Masuk ke bagian link, klik add new link
  2. Masukan Nama Yang Akan Tampil pada beranda linktree versi mobile, misal Hubungi, yang berisi nomor kontak WhatsApp
  3. Pada bagian url, masukan url yang akan mengarah ke pesan WhatsApp kita. Jika belum tau cara membuat URL WhatApp, anda bisa melihat postingan kami lainnya
  4. Anda bisa menambahkan maksimal 6 link pada beranda linktree, silahkan berkreasi dengan isi linktree anda
  5. Aktifkan tombol slide berwarna kuning hingga berubah menjadi warna hijau, yang menandakan linktree anda sudah siap digunakan.
Cara menambahkan link pada lintree

Selamat, anda telah berhasil membuat linktree anda sendiri, sekarang tinggal menempatkan linktree ini di bio social media seperti Instagram, Twitter, atau bahkan toko online anda seperti tokopedia dan shopee.

Untuk mengetahui bagaimana membuat linktree di masing-masing platform tersebut, kami sudah siapkan panduannya di bawah ini.

Cara Membuat Linktree di Bio Instragram

Bio Instagram biasanya sering digunakan oleh pemilik toko online untuk menempatkan informasi penting seperti alamat toko, kontak whatsapp, line, telegram, atau bahkan link ke toko online seperti Tokopedia dan shopee.

Untuk membuat linktree muncul di bio Instagram, berikut adalah caranya:

  1. Buka profile Instagram kalian
  2. Pilih Edit Profil
  3. Pada bagian website, masukan url linktree yang telah kalian buat di tahap sebelumnya.
  4. Klik centang hijau di pojok kanan atas layar, selesai

Cara Membuat Linktree di Bio Twitter

Bagi mereka yang aktif menggunakan twitter, tentu sadar bahwa platform sosial media ini juga memiliki link-in-profile, dimana bagian bio twitter bisa kita letakan alamat website, seperti linktree.

Berikut adalah cara membuat linktree di bio twitter:

  1. Buka akun twitter anda, dan masuk ke personal setting/profil
  2. Klik tombol Edit Profil
  3. Masukan URL linktree pada bagian situs web
  4. Klik Simpan, selesai.

Cara Membuat Linktree di Auto Respond Message WhatsApp

Kalian tentu tidak kepikiran bahwa linktree juga bisa kita letakan sebagai tambahan pada auto respon message di WhatsApp for Business. Cara ini cukup efektif bagi bisnis jika ingin memberikan kesan pertama yang menarik bagi customernya.

Dengan meletakan linktree di auto respond message ini, kita bisa menawarkan katalog yang memancing orang utuk membeli produk kita.

Berikut adalah cara untuk membuat linktree muncul pada auto respond message WhatsApp:

Cara Membuat Linktree di Bio Tokopedia

Punya popularitas yang bagus di Tokopedia, tapi juga pengen mengembangkan bisnis melalui akun pribadi? Ternyata di bio Tokopedia juga kita bisa menambahkan linktree loh.

Nah berikut cara membuat linktree agar muncul di bio Tokopedia:

  1. Masuk ke Aplikasi Tokopedia, klik Akun
  2. Pilih Nama Toko Online yang berada tepat dibawah gambar profile anda
  3. Skrol hingga bagian Bantuan dan Info Lainnya, Pilih Pengaturan Toko
  4. Pada bagian Profil Toko, Pilih Informasi Dasar
  5. Anda bisa meletakan linktree pada bagian Slogan Toko, lalu klik simpan

Selamat, sekarang linktree sudah muncul di profile toko online anda. Kini pengunjung yang datang dari Tokopedia bisa leluasa melihat link anda di bagian profil.

Cara Membuat Linktree di Bio Shopee

Hal serupa pun bisa kamu lakukan untuk akun olshop di shopee, dengan mudahnya, kita bisa mengarahkan pembeli shopee untuk melihat katalog kita di Instagram atau platform lainnya.

Berikut panduan membuat linktree agar bisa muncul pada bio Shopee:

  1. Masuk ke seller.shopee.co.id
  2. Pilih Menu Toko, klik profil toko
  3. Masukan URL Linktree yang telah dibuat sebelumnya, pada Deskripsi Toko
  4. Klik Simpan, Selesai

Nah demikianlah panduan cara membuat linktree untuk berbagai macam kebutuhan toko online yang kamu miliki. Kamu tidak perlu mengikuti seluruh proses yang kami sebutkan, cukup pilih mana yang paling penting untuk diaplikasikan pada bisnis onlinemu.

Semoga sukses dengan toko onlinemu, dan jika kalian membutuhkan panduan untuk melakukan digital marketing, kalian bisa mengikuti kelas digital yang secara rutin kami selenggarakan.