Seperti yang banyak diperbicarakan, mulai hari ini pemerintah melalui Pertamina mewajibkan para pemilik kendaraan beroda 4 yang ingin membeli BBM bersubsidi tipe Solar dan Pertalite, wajib mendaftar di Aplikasi MyPertamina.

Tujuan dari program ini adalah untuk mendapatkan data dari masyarakat, sehingga pemerintah mampu memberikan subsidi Bahan Bakar ini kepada masyarakat yang tepat sasaran.

Lalu, bagaimana cara untuk mendaftarkan kendaraan anda melalui aplikasi ini, berikut kami siapkan artikelnya untuk anda, berdasar kutipan resmi melalui halaman mypertamina.id

sumber: Mypertamina.id

Tentang Aplikasi MyPertamina

MyPertamina adalah aplikasi perangkat pintar (smartphone) yang dirancang oleh PT Pertamina Patra Niaga, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi pembelian Bahan Bakar untuk berbagai keperluan, baik kendaraan, maupun Bahan Bakar Rumah Tangga.

Aplikasi ini dapat digunakan oleh pengguna Android maupun iOS, dengan mencari aplikasi tersebut di platform market app masing-masing.

Tujuan dibuat aplikasi ini juga agar Pertamina sebagai BUMN, membantu program pemerintah dalam mendistribusikan bahan bakar bersubsi yang tepat sasaran. Oleh karena itu, PT Pertamina Patra Niaga membuka pendaftaran bagi konsumen bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2022 di beberapa kota/kabupaten yang masuk dalam uji coba tahap 1. Tentunya, di dalam uji coba tahap tahap 1 ini diharapkan data diri dan kendaraan konsumen yang berhak mendapatkan BBM subsidi sudah terdaftar semua.

Sebagai langkah selanjutnya, konsumen akan mendapatkan QR Code yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian. QR Code ini nanti akan digunakan oleh petugas di lapangan sebagai screening, apakah kendaraan yang terdaftar berhak menggunakan BBM bersubsidi, atau tidak.

Cara Bertransaksi dengan QR Code di MyPertamina

Walau masih banyak terjadi polemik terkait apakah boleh mengaktifkan Handphone saat mengisi bahan bakar, pertamina menyarankan agar pengguna MyPertamina untuk menyimpan screen capture QR Code saat melakukan transaksi di Pompa Bahan Bakar/Stasiun Pengisian Bahan Bakar.

Lalu terkait cara bertransaksi bagi konsumen yang kendaraannya sudah terdaftar, berikut adalah lankah-langkahnya:

  • Siapkan QR Code yang telah didapatkan dari website subsiditepat.mypertamina.id
  • Tunjukkan QR Code tersebut kepada operator SPBU (Bisa melalui HP (Online, Screen Capture atau yang sudah dicetak)
  • Isi Bahan Bakar Solar bersubsidi atau Pertalite sesuai dengan kendaraan yang berlaku.
  • Lakukan pembayaran menggunakan metode tunai (cash) atau non-tunai (kartu kredit/debit) melalui EDC yang ada ditiap stasiun pengisian bahan bakar.

Cara Mendaftarkan Kendaraan ke Aplikasi MyPertamina

Sebelum anda mendownload aplikasi MyPertamina, ada baiknya anda melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Hal-hal/dokumen yang harus anda siapkan untuk mendaftar adalah sebagai berikut:

  • Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
  • Siapkan email yang aktif, nomor telepon aktif, untuk dilakukan verifikasi data
  • Buka website subsiditepat.mypertamina.id
  • Masukan informasi yang diperlukan,
  • Kemudian centang informasi bahwa anda memahami semua persyaratan yang terlampir
  • Klik daftar sekarang
  • Ikuti instruksi dalam website tersebut
  • Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
  • Apabila sudah terkonfirmasi, anda bisa unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina

Shania Ratna Anjani

Penikmat senja di balik punggung teduhmu yang lapang, gemar menulis rencana masa depan yang kadang tidak bisa di duga