Tren belajar dirumah sepertinya masih harus menjadi agenda para pelajar indonesia sampai awal tahun 2021, mengingat pandemi ini belum menunjukan penurunan trend hingga akhir tahun.

Oleh sebab itu, situs belajar online menjadi salah satu solusi para guru dan orang tua dalam memberikan ilmu pengetahuan kepada anak-anaknya selama masa New Normal.

Bagi kamu yang juga membutuhkan situs untuk belajar online, kami sudah merangkum 7 situs yang menyediakan fasilitas belajar secara daring paling populer dan direkomendasikan, karena kualitas dari pelayanan dan pengguna yang terbanyak.

Daftar Situs Belajar Online Terbaik Selama Masa New Normal

Walau situs belajar online berbasis blog sudah banyak bermunculan sebelum adanya pandemi, namun trend terkait situs ini melonjak tajam selama masa pandemi covid-19.

Kami mempelajari berdasarkan tools google trend, pada masa pandemi terjadi lonjakan yang sangat tinggi untuk mereka yang hendak mengakses materi belajar secara online.

Dan berikut kami lampirkan daftar situs belajar online yang bisa kalian jadikan literasi selama belajar dirumah.

1. Ruangguru

Sebagai salah satu startup dibidang jasa pendidikan modern, ruangguru cukup menarik perhatian para guru dan orang tua siswa.

Selain memberikan harga paket yang cukup menarik, mereka berani melakukan proses marketing secara besar, membuat acara televisi khusus yang membahas soal, trik dan tips, hingga yang paling baru, yaitu memberikan kuota internet secara gratis pada saat awal masa belajar di rumah bulan april lalu.

Kelebihan dari ruangguru adalah kemudahan akses materi pembelajaran dari smartphone atau tablet, sehingga kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun selama memiliki akses internet.

Kelebihan
Kekurangan
Pembagian video per materi bahasan menjadikan pengguna leluasa memilih materi yang hendak dipelajari terlebih dahulu.Kurang mendalam pembahasan untuk tiap materi dan cenderung berfokus pada materi dasar saja.
Tersedia fitur kuis interaktif yang mampu menjadi assesment pencapaian peserta didikPembahasan untuk turunan rumus tidak terlalu lengkap
Kualitas video dan grafis yang lebih modern dan tinggi (HD)Lebih boros kuota

2. Zenius Education

Sebagai salah satu pelopor platform belajar online yang memberikan sumbernya secara gratis, zenius cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak tahun 2015.

Hingga kini setidaknya terdapat lebih dari 80 ribu video pembelajaran yang bisa diakses oleh pengguna untuk belajar secara mandiri. Didalamnya juga terdapat contoh-contoh soal yang disesuaikan untuk berbagai tingkatan pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga Kuliah.

Tidak ketinggalan, di dalamnya juga terdapat kursus seperti bimbingan belajar intensive bagi mereka yang mau mempersiapkan diri masuk ke lembaga pendidikan favorit.

Kelebihan
Kekurangan
Tersedia Akses Gratis, sehingga pengguna bisa mengakses kesemua 80 ribu video pembelajaran lewat applikasinya.Beberapa materi tidak tersedia dalam bentuk video tutorial. Sehingga kita hanya bisa mengakses versi text saja.
Pembahasan soal-soal untuk setiap jenjang pendidikan tersaji lengkapUntuk materi pelajaran matematika, soal dan pembahasan hanya tersedia bentuk dasar.
Hemat kuota, rata-rata pengguna hanya menghabiskan sekitar 20 MB untuk mengakses materi videoKualitas video yang relatif rendah jika dibandingkan dengan situs belajar online lainnya

3. Kelas Pintar by Extramark

Dikembangkan oleh PT Extramark Education dari India, situs Kelas Pintar hadir untuk menjawab kebutuhan pembelajaran secara online di Indonesia. Kelas Pintar memfokuskan materi untuk siswa Sekolah Dasar (SD) hingga SMA.

Disini, peserta didik atau siswa bisa belajar melalui video animasi, audio-visual, hingga materi buku digital (ebook). Dan sebagai pemain baru di Indonesia, mereka memberikan akses gratis bagi sekolah yang ingin menggunakan kelas pintar sebagai sarana belajar-mengajar selama masa pandemi ini.

Kelebihan
Kekurangan
Tersedia fitur “Tanya” yang memudahkan siswa jika menemukan kebuntuan selama proses belajar.Kendala teknis saat registrasi, dimana kode OTP tidak bisa diterima secara realtime.
Tersedia fitur “Assesment” untuk memantau perkembangan proses belajar siswa oleh orang tua dan guru.Untuk pengguna yang tidak terdaftar melalui akun sekolah, hanya tersedia 7 hari versi gratis.

4. Quipper School

Startup asal singapura ini menjajak pasar Indonesia dengan bersaing melalui level SMP hingga SMA.

Situs belajar online ini mampu memfasilitasi guru dan murid dalam melaksanakan aktivitas belajar dan mengajar secara online.

Quipper memiliki keunggulan dibidang IPS. Materi-materi pembelajaran Ilmu Pengetahun Sosial di Quipper lebih lengkap, bahkan beberapa materi yang disajikan di Quipper belum pernah disajikan atau diajarkan secara offline.

KelebihanKekurangan
Guru sekolah bisa menjadi fasilitator untuk siswa sekolah yang terdaftar menggunakan Quipper, sehingga ikatan antara guru dan murid tetap terjaga dengan baik.Durasi video materi terlalu panjang, di beberapa mata pelajaran bahkan terkesan membosankan karena pembahasan yang kurang mendalam.
Dilengkapi fitur pembuatan konten, sehingga guru bisa membuat materi custom untuk siswa didiknya.Karena variatifnya ukuran file konten yang dibuat, menjadikan kuota untuk mengakses materi sangat besar.
Materi untuk Ilmu Pengetahuan Sosial yang lebih lengkapKurang dilengkapi materi untuk Ilmu Pengetahuan Alam

5. Brainly

Bagi mereka yang suka dengan interaksi, maka sebaiknya coba akses situs belajar online ini.

Direkomendasikan oleh banyak pengguna karena fitur “Interact”nya, kita bisa mengajukan pertanyaan terkait materi yang sedang kita pelajari, lalu user lain akan menjawabnya untukmu, dan ini berlaku untuk semua pengguna di seluruh dunia.

Kelebihan
Kekurangan
Ada sistem reward berupa point yang bisa meningkatkan reputasi user, ketika membantu menjawab pertanyaan.Jawaban yang telah diberikan kadang dihapus tanpa konfirmasi.
Lebih menyerupai sosial media, karena ada fitur chat antar pengguna, yang menjadikan lebih interaktifSalah satu versi aplikasinya cukup membingungkan, sebelum akhirnya di kembangkan ulang.

6. Rumah Belajar Kemendikbud

Kemendikbud melalui lembaga pengembangan internalnya meluncurkan situs yang dikenal sebagai Rumah Belajar Kemendikbud. Tempat gratis untuk belajar, tidak hanya untuk siswa, namun juga untuk guru.

Dalam situs ini terdapat fitur sumber belajar, laboratorium maya, hingga kelas digital.

7. SekolahMu

Situs terakhir yang ingin kami rekomendasikan sebagai situs belajar online adalah SekolahMu.

Kelebihan sekolahmu adalah kurikulum mata pelajaran yang disajikan disesuaikan dengan kurikulum yang berkembang menurut standar Kementrian Pendidikan. Sehingga peserta didik, guru, dan orang tua siswa dapat mengikuti pelajaran sesuai dengan silabus yang telah ditentukan menurut standar nasional.

Nah demikianlah 7 daftar situs belajar online yang populer di Indonesia. Silahkan memilih salah satu dari daftar yang kami sajikan sebagai tempat untuk belajar anda selama pandemi ini.