Bagi para pengguna instagram tentu tidak asing dengan feed Instagram. Instagram Feed adalah sebuah area dimana kita bisa melihat kumpulan postingan foto atau video yang telah kita buat.

Biasanya feed dapat kita akses langsung dari halaman account, berisi 9 hingga 15 konten dalam satu tampilan feed.

visual feed instagram

Tidak jarang feed ini dikemas sedemikian mungkin agar terlihat menarik, istilah kerennya adalah aesthetik. Bagi kalian yang sedang mengembangkan akun instagram, berikut ini adalah 6 cara mudah membuat instagram feed yang rapi, aesthetik, dijamin bakal tambah follower kalian berlipat ganda.

Cara Membuat Feed Akun Instagram Lebih Aesthetik dan Menarik

1.Tentukan Konsep Feed yang jelas

Sebuah feed yang rapih tidak lepas dari konsep yang jelas. Banyak yang menggunakan instagram sebagai sebuah album perjalanan cerita hidup mereka. Namun bukan berarti itu semua tidak bisa diatur.

sumber: IG/lisedesmet

Feed bisa dikonsep dengan menyesuaikan cerita yang hendak kita sampaikan, bisa dengan hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari, portofolio, atau bahkan produk-produk yang hendak kita display dalam bentuk sebuah album di Instagram.

2.Konsisten dengan filter warna

Feed instagram jika diperhatikan memiliki warna yang terpancar dari setiap foto atau video yang kita posting. Dengan menatur komposisi warna yang tepat, kita bisa menampilkan kesan feed yang aesthetik dan menarik.

Cara termudah agar terlihat menarik, kita bisa mulai dengan memilih warna yang akan kita tonjolkan dalam feed kita, lalu konsisten dengan warna tersebut untuk jangka waktu tertentu.

Penggunaan applikasi filter warna seperti VSCO bisa membantu kita memiliki warna foto yang konsisten.

3.Tentukan Komposisi Gambar Yang Proporsional

Karena setiap foto mewakilkan bagian dalam feed, maka penting untuk memperhatikan komposisi gambar yang ada didalamnya.

sumber: pinterest.com

Dalam teknik fotografi, komposisi sebuah gambar bisa mempengaruhi cerita secara keseluruhan dari objek yang di foto. Dengan mengatur komposisi yang proporsional, kita memberikan ruang yang jelas terhadap alur feed kita.

4.Konsisten Dengan Kualitas Gambar

Jika memungkinkan, selalu sesuaikan kualitas gambar yang hendak kita posting di Instagram.

Setiap lensa kamera memiliki ketajaman yang berbeda, itu yang menyebabkan foto memiliki kualitas yang berbeda-beda, piksel istilah umumnya. Untuk mengakali piksel ini, biasanya banyak pembuat konten instagram menggunakan gambar dengan kualitas tinggi, lalu mengecilkan ukuran pikselnya saat hendak melakukan upload ke feed akun instagram mereka.

Hal lain untuk menjaga kualitas gambar juga bisa dicapai dengan menggunakan kamera yang sama atau device yang sama setiap kali mengambil foto/video.

5.Hindari membuat foto Collage

Foto collage adalah kumpulan foto dalam satu postingan, konsep ini sempat tenar ketika instagram pertama kali keluar.

Dengan Collage, seorang pengguna bisa membuat multi-foto album. Namun sayangnya, hal ini justru membuat feed kita kehilangan konsep dan terlihat berantakan.

Sebisa mungkin hindari menggunakan konsep photo collage ini.

6.Gunakan Applikasi Grid Compositioning

Hal lain untuk membuat instagram kita terlihat aestetik dan rapih adalah dengan melihat tampilan feed sebelum di posting.

Dengan kecanggihan applikasi android atau iOS yang saat ini beredar, kita bisa melihat feed instagram kita sebelum melakukan posting, termasuk segi aestetik, hingga kesesuaian dengan konsep yang kita susun sebelumnya.

Salah satu applikasi yang kami rekomendasikan adalah Planoly. Kelebihan dari applikasi ini adalah kita bisa mengatur posisi setiap foto atau video yang hendak kita posting, dan kita juga bisa melakukan pengaturan waktu hingga tanggal postingnya.

Tentang Aplikasi Instagram

Instagram adalah aplikasi jejaring sosial yang memungkinakn penggunanya untuk saling berbagi foto dan video, baik tanpa filter maupun dengan tambahan filter kreatif yang dikembangkan oleh pengguna atau developer instagram.

Applikasi ini awalnya diciptakan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger pada tahun 2010 sebelum akhirnya diakusisi oleh Facebook.