Spotify adalah aplikasi pemutaran musik dan media, yang diluncurkan pertama kali pada 23 April 2006. Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi music on demand, dimana penggunanya bisa mendengarkan musik tanpa harus menyimpan filenya di perangkat, streaming istilah kerennya.

Pengguna bisa bebas mendengarkan musik dengan 2 pilihan berlangganan, gratis, dan berbayar. Jelas masing-masing ada pembedanya, dan akan kami jelaskan secara terpisah di artikel lain.

Sejalan perkembangan dan pertumbuhan penggunanya yang terus meningkat, Spotify layaknya aplikasi-aplikasi lain yang terus berkembang, yaitu terdapat glitch, atau error yang menjadikan penggunanya mengalami gangguan.

Beberapa gangguan itu kadang cukup minor dan tidak disadari, namun beberapa ada yang sangat mengganggu. Melalui artikel ini, kami ingin menjelaskan bagaimana cara memperbaiki masalah gangguan yang sering di alami oleh para penggunanya.

Panduan Mengatasi masalah yang muncul di Aplikasi Spotify

Dari sekian banyak gangguan yang muncul, kami mencoba mengumpulkan masalah-masalah dalam satu artikel, dan berikut adalah beberapa masalah yang cukup penting, dan butuh perbaikan secepatnya.

Spotify Can’t Play This Song

Sedang asik-asik mendengar musik, tiba-tiba lagu berhenti dan muncul pesan Can’t Play This Song Right Now. Masalah ini pasti ditemui oleh mereka yang menggunakan Spotify di Desktop atau Laptop.

Saat masalah ini muncul, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya.

1 – Periksa Koneksi Anda

Saat Anda mendengarkan Spotify tanpa menyimpan file tersebut secara Offline (fitur ini hanya tersedia untuk paket berlangganan), maka gangguan bisa saja muncul dari jaringan anda.

Coba periksa pengaturan jaringan, apakah anda terhubung dengan Internet, atau kuota penggunaan akses di lokasi anda penuh. Masalah ini sering terjadi dengan jaringan terbatas, seperti di Rumah dengan provider internet tertentu.

Untuk memperbaikinya, Anda cukup merestart modem internet anda, dan lihat apakah anda sudah bisa lanjut mendengarkan Spotify setelahnya.

2 – Kosongkan folder cache

Aplikasi spotify membutuhkan memori atau cache, yang disimpan dalam bentuk file. Biasanya Cache ini penuh tanpa di sadari oleh Kita, dan kita bisa dengan mudah mengosongkannya lagi.

Untuk mengetahui dimana lokasi folder cache dari Spotify, anda bisa membuka aplikasi spotify, pilih garis 3 yang ada di pojok kiri aplikasi (untuk pengguna OS Windows) lalu pilih Edit, dan buka Preferences.

Dari tampilan preference ini, pilih show advance setting, dan scroll sampai bagian Offline Song Storage, disini adalah tempat Cache spotify disimpan. Hapus semua isi folder, kecuali file index.

Coba log out akun Spotify anda, restart, lalu login ulang, dan dengarkan lagu-lagu Anda.

Nah itu adalah cara mengatasi aplikasi spotify yang bermasalah. Jika masih ada masalah lain yang belum ada dalam pembahasan ini, silahkan kirimkan masalah akun Spotify anda ke kontak support Spotify.