Pada tahapan proses SEO On Page yang telah kami buat artikel sebelumnya, disebutkan agar memasukan keyword di meta tag. Tapi apakah anda tau apa itu meta tag dan kegunaannya dalam SEO ?

meta tag adalah sebuah kode dalam snippet yang digunakan oleh crawl bot atau spider web dalam menerjemahkan informasi terkait website milik kita. Setiap website pasti memiliki ini di bagian atas struktur pemrograman versi htmlnya.

Untuk memeriksa apakah website kalian meta tag ini, kalian bisa melakukan inspect element. Biasanya meta tag bentuknya seperti ini :

contoh meta tag pada sebuah website

Meta Tag juga ternyata bisa membantu keperluan SEO, karena bisa memudahkan crawl bot memahami website kita, loh. Untuk itu, dalam artikel ini kami akan sajikan meta tag yang penting digunakan dalam kampanye seo, bagaimana cara implementasi untuk keperluan seo, dan hal apa yang tidak boleh dilakukan.

Bentuk meta tag yang dipakai untuk keperluan SEO

Meta Title

Dari semua cara melakukan optimasi mesin pencari, sebagian besar semua menyatakan pentingnya memasukan keyword dalam title.

Nah meta title ini yang berperan untuk menjelaskan judul utama dari bahasan artikel anda, dan juga digunakan oleh robot indexing untuk ditampilkan pada halaman hasil pencarian. Bentuk meta title kurang lebih seperti ini :

contoh meta title pada hasil pencarian di google

Google sendiri menyatakan betapa pentingnya meta title dalam proses SEO, sebagaimana di sebutkan di sini :

Titles are critical to giving users a quick insight into the content of a result and why it’s relevant to their query. It’s often the primary piece of information used to decide which result to click on, so it’s important to use high-quality titles on your web pages.

Google Team

Untuk mengetahui cara optimasi judul yang optimal, kalian bisa ikut kelas digital yang membahas materi search engine optimisation di sini.

Tips: Gunakan meta title yang menarik orang untuk membuka artikel/website anda. Tidak perlu menggunakan judul click bait.

TurnBackLink SEO Team

Namun jika kalian ingin tahu bagaimana cara membuat meta title, berikut kami berikan panduannya.

pengaturan meta tag menggunakan tools SEO di wordpress

Jika kalian pengguna WordPress, kalian bisa menginstall plugin sejenis Yoast, RankMath, atau Plugin SEO lainnya. Lalu masuk ke bagian pengaturan di postingan kalian yang bertuliskan SEO Title, di bagian ini kalian bisa mengatur meta title postingan yang kalian rasa sesuai.

Meta Description

Setelah meta title, kemudian ada meta description yang juga berperan penting dalam membantu crawl bot memahami isi dari postingan kalian. Bentuk meta description kurang lebih seperti ini :

contoh meta description pada hasil pencarian

Meta description bisa menjadi kesimpulan dari konten yang kalian buat, sehingga saat user membacanya lewat search engine result pages, dia akan tau konten tersebut apakah membahas sesuatu yang benar-benar mereka ingin baca.

Disclaimer: Google tidak selalu menampilkan meta description yang kita set via tools/plugin SEO di halaman hasil pencarian. Deskripsi yang muncul bisa diambil dari berbagai bagian paragraf konten kalian yang dirasa paling relevan.

TurnBackLink SEO Team

Sayangnya meta description bukan lagi menjadi bagian dari rank factor, walau begitu google tetap merekomendasikan untuk membuat meta description dalam website kalian, dengan alasan seperti ini :

A meta description tag should generally inform and interest users with a short, relevant summary of what a particular page is about. They are like a pitch that convinces the user that the page is exactly what they’re looking for.

Google Team

Untuk itu, penting membuat meta description yang :

  • Unik untuk tiap halaman dalam website kalian
  • Mewakilkan isi dari konten kalian dalam 140-150 karakter
  • Jangan Click-Bait
  • Masukan deskripsi yang kontekstual, dan selalu update (jika diperlukan).

Meta Robots

Meta robot ini terhitung baru, muncul sebagai salah satu alternatif yang digunakan oleh developer. Fungsinya hampir mirip mirip robot.txt, yang menjadi identifikasi apakah halaman tersebut bisa di index.

Biasanya meta robot berbentuk seperti ini:

<meta name="robots" content="index, follow">
<meta name="googlebot" content="index, follow">
<meta name="googlebotnews" conten="index, follow">
dsb

Karena merupakan identifier, maka penting untuk membuat meta robot secara benar. Syntax meta robot secara default berisi informasi-informasi seperti ini:

  • Index : artinya mengizinkan robot untuk mengindex halaman tersebut
  • NoIndex : artinya tidak mengizinkan robot untuk mengindex halaman tersebut
  • Follow : artinya setiap link yang ada di halaman tersebut bisa diikuti untuk penelusuran lebih lanjut
  • NoFollow : artinya setiap link yang ada di halaman tersebut tidak bisa di ikuti untuk penelurusan lebih lanjut.

Jika kalian kurang memahami tentang meta robot ini, silahkan lakukan konsultasi dengan SEO Specialist atau tim developer kalian agar tidak salah melakukan set up pada meta ini.

Meta Viewport

Meta viewport digunakan oleh developer untuk membuat website yang responsive di beberapa device.

Meta ini mampu membuat konten kita terlihat rapi di beberapa device secara optimal. Selain itu meta viewport juga menjadi parameter bagi crawl bot untuk mengidentivikasi sebuah website apakah “Mobile friendly” sehingga memenuhi faktor Mobile First Indexing.

Berikut tampilan sebuah website dengan meta viewport dan tanpa meta viewport.

Untuk mengetahui apakah website kita sudah memiliki meta viewport, kalian bisa menggunakan tools bantuan dari google berikut ini.

Meta Charset

Meta ini jarang sekali di perhatikan, terutama untuk developer di Indonesia. Mengingat meta charset ini untuk menjelaskan jika website kita menggunakan karakter/jenis tulisan khusus.

Seperti website-website berbahasa thailand, india, atau website negara lain yang menggunakan sistem penulisan khusus.

Namun secara standar, meta charset dapat di setting seperti ini:

Meta Keyword, Apakah Perlu?

Sayangnya google sudah tidak menggunakan meta keyword sebagai rank signal sejak tahun 2009. Karena tag ini berpotensi untuk memancing penggunaan keyword yang tidak relevan.

Selain itu, meta keyword juga berpotensi untuk memancing pengguna software Auto Generated Content (AGC), yang bisa mengambil konten milik kita, yang kemudian dikenal sebagai scrapping content.

Nah demikianlah contoh-contoh meta tag yang sering ditemukan dan kami telah pilahkan beberapa yang sering di pakai oleh SEO Specialist. Jika anda ingin tahu lebih lanjut tentang metode optimasi yang tepat, anda bisa mengikuti kelas digital yang akan diselenggarakan di tahun 2021 untuk batch 1 pada website ini.