Apa Itu SEO – SEO merupakan akronim dari Search Engine Optimisation, sebuah metode yang dilakukan untuk menjadikan website berada di halaman pertama mesin pencari seperti Google, bing, yahoo, dan sebagainya.

SEO sendiri merupakan bagian dari strategi internet marketing yang tergolong lebih murah dengan hasil yang lebih stabil, dibandingkan dengan Search Engine Marketing (SEM). Strategi ini cukup ampuh apalagi bagi pemilik usaha seperti ecommerce dan media online.

Pengertian Dari Apa Itu Search Engine Optimisation (SEO)

Dengan melakukan SEO, kita bisa mendapatkan traffic dari hasil pencarian sebuah query dan keyword yang diketikan orang di mesin pencari. Traffic itu kadang bisa dikonversikan menjadi kunjungan terhadap produk yang kita jual, dalam sebuah toko online.

Baca : Kenali faktor-faktor yang bikin website terindex dengan baik

Cara Penerapan SEO Untuk Sebuah Website

Karena ini sebuah seni dan teknik, maka untuk melakukan penerapan SEO dalam website, kita perlu memenuhi hal-hal berikut ini

Meletakan Keyword Dalam Meta Information

Keyword adalah kata-kata yang memancing crawlBOT untuk membaca informasi dalam sebuah halaman.

letakan keyword dalam meta tag SEO

Salah satu cara penerapan SEO dalam sebuah website yang penting adalah meletakan keyword dalam meta information. Meta information ini berupa meta title, meta description, meta tag, atau meta keyword yang ada dibagian header coding sebuah website.

Baca : Cara melakukan riset keyword yang tepat

Siapkan 2 atau 3 variasi kata kunci yang berkaitan dengan topik bahasan yang hendak anda tulis dalam artikel. Variasi ini bisa anda dapatkan dari related search yang terdapat dalam halaman hasil pencarian.

Lalu tempatkan kata kunci tersebut dalam Meta title, meta description, meta tag, dan meta keyword dalam website anda.

Meletakan Kata Kunci Dalam Heading, Sub Heading, dan alt image text

Agar halaman website terindex dengan baik, kita juga bisa menempatkan kata kunci dalam Heading, atau kita kenal ini dengan istilah H1, H2, H3, dst.

Menempatkan kata kunci yang berbentuk sinonim dari kata kunci yang kita targetkan dalam H2, H3, dan seterusnya bisa membantu memperkuat peluang halaman website kita muncul di hasil pencarian.

Pakai Keyword dalam Heading SEO

Heading pun akan membantu user memahami konteks apa yang hendak kalian bahas dalam sebuah artikel. Maka penting menggunakan kata kunci yang saling berkaitan dalam judul dan sub judul.

Lalu gunakan juga keyword dalam image alternate text. Tujuan penerapan ini adalah untuk memaksimalkan hasil pencarian gambarmu di halaman hasil pencarian.

Tambahkan Inbound dan Outbound Link

Outbound dan Inbound link adalah salah satu stretegi link building yang mampu mentransver link juice demi memperkuat rank signal.

Baca : Apa Itu Link Juice Dalam Strategi SEO

Inbound adalah link yang kita tautkan dalam website, bisa berbentuk link yang merujuk kepada artikel-artikel lain, selama masih saling berkaitan dalam satu topik. Sedangkan Outbound adalah link yang kita tautkan ke website luar, namun masih memiliki satu kaitan topik dengan apa yang kita bahas.

internal dan external link

Tujuan dari meletakan inbound dan outbound link kepada artikel yang relevant adalah untuk memperkuat otoritas terhadap website kita. Dengan begitu crawlBOT akan lebih menyukai website kita, dan user yang membacapun akan lebih puas dengan konten yang kita miliki.

Gunakan gambar yang dioptimalkan untuk website

Ini adalah cara penerapan yang tidak sering dilakukan oleh orang lain, walau terlihat semua gambar memiliki kesamaan. Namun ada satu trik agar gambar kalian lebih disukai oleh crawlBOT. 

JIka kalian pengguna applikasi Photoshop, maka kita bisa membuat gambar yang hendak digunakan dalam website kita lebih optimal dengan fitur save for web.

Dengan cara ini, walau gambar kalian berukuran besar, namun tetap bisa optimal di crawl oleh crawlBOT.