Pengertian Link Juice SEO – Dalam metode search engine optimisation, anda pasti akan familiar dengan istilah Link Juice. Apa itu link juice dalam proses Search Engine Optimisation?

Link Juice adalah sebuah istilah dalam SEO yang digunakan untuk menentukan kualitas sebuah link dalam strategi offpage. Kualitas link ini dipengaruhi oleh relevansi dan authority sebuah website.

Banyak yang percaya bahwa sebuah website dengan authority yang tinggi mampu memberikan link juice yang banyak berpengaruh terhadap faktor kenaikan posisi rangking kita di search engine result page.

Tentang Link Juice Secara Komprehensif

Google menganalisis link yang mengarah ke sebuah halaman web untuk menentukan posisi rangking halaman web tersebut di search engine result page, untuk kueri dan keyword tertentu.

Kita bayangkan sebuah halaman website sebagai sebuah tangki atau bejana yang berisi air, lalu saat bejana tersebut dipasang pipa ke bejana lain, maka air akan berpindah melalui pipa tadi.

Mekanisme Transfer Link Juice SEO
sumber: woorank

Nah seperti itu kira-kira bagaimana sebuah link juice bekerja. Saat kita menghubungkan sebuah halaman menggunakan link, maka “link juice” akan tersalurkan ke tempat lain.

Bagaimana Caranya Sebuah Website Mendapatkan Link Juice yang baik?

Untuk mendapatkan link juice bukan sekedar menempatkan link/backlink dalam sebuah website, namun dari beberapa pakar SEO ada yang menyebutkan cara-cara ini bisa membuat website mendapatkan link juice, antara lain :

  • Membuat konten yang menarik, terpercaya, dan bermanfaat
  • Memperkuat branding di berbagai media
  • Melakukan marketing dengan berbagai strategi Oganik maupun Berbayar
  • Berkontribusi di website orang lain
  • Dapatkan rekomendasi dari expert atau brand yang lebih kuat posisinya
  • Dapatkan review yang positif tentang brand kita

Bagaimana Caranya Menghitung Kualitas Link Juice

Tidak banyak yang tahu bagaimana caranya menghitung kualitas sebuah link, namun beberapa pakar di internet marketing mengemukakan bahwa link juice bisa dilihat menggunakan tools seperti Moz Domain Authority/Page Authority, Majestic Citation Flow, Ahrefs Domain Rate (DR)/URL Rate (UR), dan sebagainya.

Namun semenjak Google melakukan perubahan algoritma, sehingga tidak menyediakan data tersebut secara terbuka, tidak banyak yang bisa menampilkan data Link Juice secara akurat.

Hal tersebut mungkin menjadi bagian dari rahasia terlarang yang tidak bisa dibocorkan kepada siapapun tentang bagaimana sebuah rank faktor bekerja.

Seberapa Penting Link Juice Bagi Proses SEO?

Link juice masih dipercaya oleh banyak pakar dalam mengerjakan kampanye SEO, dan berpegang teguh bahwa ini merupakan rank signal yang paling kuat. Sehingga penting bagi siapapun yang hendak mengerjakan kampanye SEO secara On Page dan Off page dalam memperhatikan perkara link juice ini.

Kami melalukan riset yang hasilnya bisa anda simak dalam kelas SEO 101, tentang bagaimana efek link juice terhadap kenaikan rangking sebuah website.