Salah satu cara untuk mendapatkan keuntungan dari internet adalah dengan mendaftar menjadi Content Creator, di plaform digital seperti Youtube. Di sini seorang Kreator bisa mengunggah konten apapun, dan memasang iklan didalamnya.

Kendalanya kadang video yang dibuat oleh para kreator pemula atau veteran tidak bisa diunggah atau di monetisasi dengan mudah di Youtube, karena terhalang masalah copyright. Dimana musik yang kita gunakan dalam video memiliki hak kekayaan intelektual yang tidak sembarangan bisa di pakai, jadi harus mendapatkan izin terlebih dahulu.

Tentu ini menjadi kendala, karena kita tidak bisa menggunakan musik-musik yang bisa membantu konten kita lebih menarik. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Solusinya adalah mencari musik-musik yang bebas copyright, tentu saja.

Situs-situs penyedia musik gratis bebas copyright, sebuah solusi para konten kreator

Pertumbuhan konten kreator yang meningkat dari tahun ke tahun kemudian menjadi sebuah peluang bagi banyak industri, termasuk industri musik dan composer untuk menyediakan musik bagi para kreator video youtube ini.

Musik yang dibuat ini kebanyakan bisa digunakan, bahkan secara gratis dan tanpa ada copyright. Dengan begitu para konten kreator bisa melakukan monetisasi dengan bebas tanpa harus pusing membayar royalti kepada pembuat musiknya.

Nah, untuk mendapatkan musik-musik ini tidak sulit, lho. Kamu cukup mengakses situs-situs yang memang menyediakan daftar musik yang bisa dipakai secara gratis alis no copyright at all.

Dari kesemuanya, kami coba rangkum 7 situs yang menyediakan musik gratis untuk para konten kreator video, bisa dipakai untuk youtube juga, jadi tidak perlu hawatir urusan copyright claim di youtube, ya.

1 – Search on YouTube

Faktanya, sekarang udah banyak loo yang posting video-video di youtube dengan judul “music no copyright”. Artinya, mereka mengizinkan musik-musik tersebut digunakan oleh siapapun, termasuk kamu.

Kamu cukup masukan kata-kata atau query “music no copyright” tersebut di YouTube atau mesin pencari seperti Google, kemudian daftar video atau link playlist yang berisi video dengan music no copyright siap kamu pakai, tinggal pilih saja mana yang kamu suka.

Jika kamu bingung masalah convert musiknya agar bisa kamu pakai di video, maka kami sudah menyiapkan cara convert musik dari YouTube, kamu bisa mengakses halaman tutorial yang sudah kami siapkan berikut ini.

2 – Youtube Audio Library

Tentu saja, kalau tidak mau repot urusan copyright, sumber musik yang terpercaya, ya langsung ke YouTube Audio Library. Di sini terdapat banyak sekali audio yang di buat oleh para kreator-kreator musik.

Walau memang tidak semuanya bisa bebas kamu gunakan, karena butuh menambahkan creator musik tersebut di deskripsi, link ke profile mereka, atau semacamnya. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya secara bebas, ya. Kamu cukup mengikuti aturan yang ditetapkan oleh sang pemilik musik ketika ingin menambahkan musik dari list ini.

Untuk mengaksesnya, kamu cukup masuk ke YouTube Studio, disana sudah ada menu Audio yang bisa kamu akses dan pakai untuk keperluan video kreatifmu.

3 – Mixkit

Tidak banyak yang mau membahas situs ini sebagai salah satu penyedia musik yang bebas copyright. Padahal, didalamnya banyak banget musik-musik yang beda, dan jelas, akan membuat videomu terkesan unik dibanding yang lainnya.

Mixkit adalah group dari envato market, sebuah marketplace yang memperjual belikan lisensi kreatif konten, dari mulai design tema website, gambar, foto, hingga audio.

Di sini, kamu bisa memilih audio favoritmu berdasarkan jenis atau genre, lho.

4 – Jamendo

Sebagai sebuah platform yang dikenal tempat berkumpulnya para label-label indie, Jamendo mampu menjadi salah satu sumber mendapatkan musik-musik bebas copyright.

Banyak banget musik dari situs ini sering kamu dengar di berbagai video kreatif para kreator YouTube. Kamu pasti akan mengerti apa yang kami maksud di sini.

Untuk mengakses semua musik dalam Jamendo, kamu perlu membuat user account dulu, yang tentu saja gratis. Kamu juga bisa login dengan akun Gmail atau akun social media seperti Facebook dan Instagram.

5 – Soundcloud

Sudah tidak bisa di pungkiri lagi, Soundcloud menjadi social media para penikmat musik independen. Kita bisa menemukan berbagai macam karya musik keren melalui platform ini. Termasuk, beberapa kreatornya mempersilahkan kamu untuk menggunakan musik mereka secara gratis.

Mungkin ada catatan mengenai cara menggunakan musik dari Soundcloud ini, yaitu kamu perlu meletakan link balik atau backlink ke sumber suara atau halaman kreatornya, agar tidak kena issue copyright.

6 – Kompoz

Situs lain yang juga bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan musik bebas copyright adalah kompoz. Sama seperti situs-situs lainnya, Kompoz menjadi tempat berkumpulnya para kreator musik global, dimana musik-musik yang tersedia dapat di gunakan secara Gratis dan Berbayar.

7 – NoCopyrightSound

Jika kesemua daftar itu masih belum cukup, maka kamu bisa mengakses sebuah playlist yang berisikan musik-musik bebas copyright. Playlist ini akan terus terupdate di dalam YouTube sebagai bagian dari proyek creatif free copyright.

Yang artinya, kamu juga bisa menyumbangkan video atau musik mu dalam playlist ini dengan menyertakan tagar #NoCopyrightSound.