Perkembangan zaman akan diikuti oleh perubahan trend dan teknologi, dan bagi bisnis, melakukan adaptasi dengan perkembangan ini adalah sebuah keharusan, untuk bisa tetap bertahan dan terus mendatangkan keuntungan bagi pengelola bisnis tersebut.

Salah satu perkembangan yang sangat kentara di abad ke-21 ini adalah hadirnya Internet, sebuah dunia yang tidak memiliki batas, dimana kita bisa mendapatkan informasi dengan sangat cepat pada hitungan detik.

Kehadiran Internet dengan segala kemudahan didalamnya kemudian menciptakan sebuah peluang baru bagi bisnis dalam memasarkan atau mendapatkan user potensial untuk menggunakan jasa/produk dengan strategi yang dikenal sebagai Internet Marketing.

Apa Itu Internet Marketing

Internet Marketing, adalah sebuah strategi pemasaran dengan bantuan internet dan media-media yang ada didalamnya sebagai sarana. Sebagai contohnya, kita bisa melakukan pemasaran dengan bantuan Website, Akun Social Media, bahkan hingga ke kontak dalam applikasi (email, dan nomor WhatsApp).

Tujuan Internet Marketing

Tujuan dari internet marketing tidak jauh berbeda dari marketing konvensional, dimana bisnis ingin mendapatkan berbagai keuntungan, seperti ingin lebih banyak dikenal oleh target audiens, ingin mendapatkan database yang kemudian dimanfaatkan untuk menawarkan produk/jasa, hingga mendapatkan keuntungan dengan menjual produk/jasa yang dimiliki.

Selain itu, internet marketing juga bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara bisnis dengan customer atau audiens yang pernah menggunakan dan membeli produk/jasa. Diharapkan akan terbangun kerjasama yang kontinue, sehingga mendatangkan keuntungan antara kedua belah pihak, dan menjaga nama baik bisnis di tengah mindset masyarakat.

10 Strategi Internet Marketing Terlengkap Yang Perlu Diketahui oleh Pemula seperti Kamu

Karena keuntungannya yang begitu besar, tidak heran banyak pemula dan pemilik bisnis seperti kamu yang ingin mengetahui strategi internet marketing yang tepat sasaran.

Untungnya di turnbacklink.com, kami sudah berpengalaman dalam membangun strategi digital marketing yang tepat sasaran untuk berbagai kalangan. Dan dalam artikel ini, akan kami sebutkan 10 strateginya, ada apa saja, simak.

1.Buatlah Website

Website ibarat toko atau tempat bisnis. Memiliki website menjadi daftar penting bagi siapapun yang ingin melakukan internet marketing.

Membuat website bisa dimulai dengan membeli domain yang unik atau khas, Anda bisa menggunakan nama produk, brand, atau nama lain yang mudah diingat oleh calon customer.

Website ini kemudian bisa anda isi dengan berbagai konten yang memperkenalkan siapa Anda/bisnis anda, apa yang anda tawarkan/miliki sesuai dengan kebutuhan audiens, bagaimana cara memesan, bagaimana cara menghubungi anda, dan informasi penting lainnya.

2. Buatlah Konten untuk kemudian dilakukan content marketing

Setelah memiliki website, anda bisa mulai dengan mengisi web tersebut dengan konten-konten yang bisa dibagikan kepada target audiens.

Istilah ini dikenal sebagai content marketing, dimana anda bisa membagikan konten tulisan yang anda miliki melalui email, newsletter, hingga akun sosial media.

Jika website anda cukup bersahabat dan mudah ditemukan oleh mesin pencari, maka anda bisa mendapatkan traffic/kunjungan dari orang-orang yang mencari di mesin pencari seperti Google, yahoo, bing, dan sebagainya. Metode ini dikenal sebagai Search Engine Optimization (SEO).

5. Optimalkan Search Engine Marketing

Search Engine Marketing (SEM) adalah aktivitas marketing dengan bantuan mesin pencari atau search engine. Dimana kita melakukan berbagai aktivitas pemasaran di mesin pencari, seperti menampilkan halaman lokasi bisnis di Google My Business, Menampilkan landing page relevan yang banyak dicari orang saat mengetikan keyword/query tertentu dengan bantuan SEO, hingga melakukan periklanan dengan bantuan Search Engine Ads/Paid Ads.

Anda juga bisa melakukan distribusi konten di situs-situs yang memiliki otoritas tinggi seperti situs media dalam mempromosikan bisnis anda.

4. Bangun Komunitas di Halaman Facebook Fanspage

Salah satu jejaring sosial yang paling besar dan terkenal dengan komunitasnya yang solid saat ini adalah Facebook. Orang-orang akan lebih suka berdiskusi dan berkomunitas dengan mereka yang punya ketertarikan yang sama.

Peluang ini bisa dimanfaatkan oleh bisnis, dengan mambangun tribes atau komunitas yang menjadi pengguna dari produk/jasa yang ditawarkan. Dimana anggota komunitas ini bisa menjadi influencer kepada teman-temannya yang lain.

Bangunlah Fanspage yang bisa dijadikan wadah untuk berinteraksi dan bersosialisasi bagi para pengunjung/pengguna bisnis Anda. Lalu rawat mereka dengan baik, balas komentar, ajak berdiskusi, atau aktivitas lain yang melibatkan audiens anda.

5. Ikuti trend social media

Salah satu tempat terbaik untuk memulai trend adalah social media, dengan mengikuti trend yang ada di social media, bisa membantu meningkatkan awareness atau publikasi bisnis kita secara organik.

Anda bisa membuat akun-akun di sosial media yang paling banyak digunakan oleh target audiens, atau bisa juga melakukan a/b testing terkait social media mana yang paling pas untuk anda gunakan dalam mempromosikan bisnis anda.

Kami telah melakukan riset tersendiri terhadap penggunaan social media yang paling optimal di Indonesia, Anda mungkin bisa memanfaatkan data ini sebagai salah satu benchmark-nya. Untuk mendapatkan data tersebut, silahkan hubungi kami melalui form dibawah ini:

6. Boost dengan Iklan

Iklan menjadi salah satu cara terbaik untuk menjangkau lebih banyak audiens yang terarah (selama strateginya tepat).

Anda bisa menggunakan platform iklan apapun, seperti facebook ads, LinkedIn Ads, Twitter Ads, hingga Search Engine Ads (Google Ads, Yahoo Ads, dsb).

Saran kami: Jika ingin melakukan boost, setidaknya anda mengetahui objektif dari boost yang Anda lakukan. Setelah mengetahui objektif, gunakan konten yang sesuai terhadap objektif tersebut, karena tidak semua boost akan berujung ke konversi pembelian.

7. Lakukan Kolaborasi

Cara terbaik dalam menjaring target audiens adalah dengan melakukan kolaborasi dengan bisnis atau influencer yang memiliki kemiripan niche dengan produk/jasa Anda.

Sebagai contoh, beauty influencer akan cocok jika digunakan untuk memasarkan produk kecantikan dan kebugaran, ketimbang penggunaan jasa Make up artist. Atau food influencer akan lebih cocok untuk memasarkan lifestyle dan rekomendasi makanan, dan sebagainya.

Tips dari kami: berhati-hatilah dan lakukan riset mendalam terlebih dahulu dalam memilih influencer yang hendak diajak kolaborasi.

8. Gunakan Database Marketing

Database marketing adalah melakukan strategi pemasaran dengan database yang kita miliki, bisa berupa alamat email atau nomor telepon/WA. Data di sini adalah data yang kita peroleh secara organik, bukan dari membeli di pihak ketiga.

Database marketing cukup efektif digunakan sebagai retargeting audience, mengingat database ini berisi orang-orang yang sudah pernah menggunakan produk/jasa anda. Dengan begitu, akan lebih efisien untuk ditawarkan penawaran tanpa harus melalui tahapan edukasi terhadap produk/jasa anda.

9. Gunakan Strategi Referral

Word of Mouth adalah strategi marketing yang paling efisien, dan ini bisa dibuat dengan cara referral. Tawarkan kepada audience yang pernah membeli produk/jasa Anda, menjadi referral dengan merekomendasikan kepada teman mereka.

Berikan alasan yang kuat atau benefit yang jelas dan tidak berbelit, agar memudahkan mereka dalam meyakinkan teman-temannya bahwa produk/jasa yang anda miliki merupakan solusi untuk masalah yang mereka miliki.

10. Konsisten dengan Brand Message

Salah satu cara terbaik untuk melakukan internet marketing adalah konsistensi, termasuk konsisten terhadap brand message yang ingin disampaikan.

Brand Message adalah pesan penting yang perlu sampai kepada audiens anda, bahwa bisnis anda adalah solusi terbaik bagi setiap masalah mereka, dengan produk yang anda miliki. Pastikan dalam setiap aktivitas marketing yang anda lakukan, setiap pesan marketingnya selalu konsisten.

Pentingnya Internet Marketing Bagi Bisnis Pada Kondisi Saat Ini

Internet marketing menjadi sebuah cara atau strategi yang cukup digemari oleh bisnis saat ini, karena secara biaya, strategi ini lebih murah ketimbang dengan menggunakan media konvensional, dan hasilnya pun lebih mudah untuk di takar atau di analisa, karena semua data sudah tersedia.

Dari data tersebut, kemudian bisnis bisa melakukan proyeksi yang lebih terarah daripada sekedar mengira-ngira. Pengolahan data tersebut bisa membantu bisnis untuk melakukan langkah-langkah strategis untuk kelangsungan dikemudian hari.

Dari segi perhitungan Return Of Investment (ROI), bisnis punya pegangan yang kuat terhadap kondisi keungan dan pengembangan bisnis.

Panduan Memulai Internet Marketing Bagi Bisnis

Bagi bisnis dan personal/individu yang ingin memulai internet marketing, kami merekomendasikan untuk fokus kepada Search Engine Optimisation dan Search Engine Optimisation.

Mengapa demikian? Mengingat dua cara ini adalah Earn Media yang cukup murah untuk dilakukan bagi banyak bisnis. Social Media dan Website adalah own media yang bisa kita optimasi dengan mudah, kemudian anda bisa menambah luas usaha dengan bantuan Paid Ads.

Demikian artikel tentang strategi internet marketing bagi pemula ini, semoga bermanfaat. Jika anda mengalami kesulitan dalam membangung strategi internet marketing yang tepat sasaran, anda bisa mempercayakan kami dalam merancangkan strateginya, silahkan hubungi kami untuk penawaran terbaik.