Digital marketing menjadi salah satu senjata andalan untuk melakukan proses marketing di masa modern. Karena tingginya pengguna perangkat digital yang mampu menjadikan Digital Marketing lebih mudah dilakukan dan langsung sampai kepada target audiens.

Media Digital secara harfiah diartikan sebagai konten yang dapat diakses oleh pengguna melalui perangkat digital, baik menggunakan perangkat PC/desktop, Smartphone, dan perangkat audio- visual lainnya.

Bagi yang belum mengetahui, ternyata Media Digital terbagi kedalam 3 tipe yang masing-masing tentu saja memiliki ciri khas yang berbeda dan tidak bisa diperlakukan sama, manakala melakukan kampanye digital marketing.

Macam-macam Media Digital

Media Digital yang paling umum dibedakan atas 3 tipe, yaitu Own Media, Earn Media, dan Paid Media. Berikut perbedaan dari masing-masing tipenya:

Own Media

Own Media adalah aset digital yang secara sah menurut hukum yang berlaku menjadi milik kita.

Mengapa harus secara sah? Karena dengan media yang terverifikasi, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Hal ini juga berkaitan dengan Brand Image saat melakukan proses promosi nantinya.

Own Media meliputi semua asset, seperti Website milik kita sendiri, akun sosial media yang terdaftar dengan email yang terverifikasi milik kita, hingga berbagai media elektronik yang secara resmi di pasang pada lokasi-lokasi strategis.

Earn Media

Earn Media adalah aset digital yang kita dapatkan dari orang lain, secara sukarela.

Biasanya earn media ini didapatkan dalam bentuk komentar oleh influencer yang secara sukarela merekomendasikan produk/jasa kita. Contoh earn media lain adalah review pada sebuah artikel/video di website.

Earn media juga bisa diperoleh sebagai bagian dari metode promosi dengan sistem barter.

Paid Media

Paid media adalah aset digital yang bisa kita gunakan setelah membayar sejumlah biaya secara professional.

Yang termasuk dalam paid media tentu Iklan, Media Buying, atau membayar jasa influencer agar melakukan review produk/jasa.