6 Tips Video Call Lancar – Saat pandemik Corona, orang-orang melakukan aktivitas hanya dirumah saja. Termasuk untuk urusan pekerjaan dan mengatur pertemuan, kursus, atau meeting secara online.

Proses meeting pun mengandalkan teknologi seperti video call. Perbedaan jaringan internet dan kualitas kamera, kadang menghambat orang untuk mendapatkan intisari pada meeting.

Alhasil kita mendapati meeting yang terpotong-potong suaranya, kualitas gambar yang tidak sempurna karena proses rendering data, hingga terputusnya jaringan secara tiba-tiba karena terlalu banyak penggunanya.

Cara Melakukan Video Call Lancar Bebas Hambatan

Agar koordinasi pekerjaan berlangsung tanpa hambatan, proses meeting dengan memanfaatkan applikasi video call setidaknya harus disetting sedemikian rupa.

Beberapa cara dan tips tentang melakukan video call dibawah ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan hasil video call yang lebih lancar dengan applikasi apapun.

1.Atur tempat dengan benar

Pemilihan tempat yang benar bisa membantu mengurangi gangguan saat melakukan video call untuk meeting.

Contohnya adalah pemilihan tempat yang terang, agar kamera lebih mudah memproses gambar kita. Atau memilah latar belakang video yang berwarna polos, agar tidak terlalu banyak detil yang harus ditamplikan dan diproses oleh software video call.

Mengatur Posisi Video Call Yang Lebih Terang

Memilih tempat yang jauh dari sumber cahaya arah belakang (back light) juga bisa membantu melancarkan video call kita, dengan begitu fokus dari kamera tidak akan melebar.

Pengaturan tempat untuk meletakan laptop juga penting, karena saat kita meletakan laptop dengan posisi yang stabil, membuat penerimaan gambar juga stabil, tidak bergoyang-goyang.

2.Undang siapa saja yang perlu ikut meeting

Beberapa aplikasi video call kadang memiliki tampilan yang terbatas untuk jumlah orang yang hendak ikut serta. Sebut saja untuk zoom yang membatasi 100 orang dalam satu platformnya.

Atau aplikasi google meet yang membatasi hingga 250 orang per sessionnya. Tujuan pembatasan ini tidak lain karena semakin banyak orang yang berinteraksi, maka semaikin besar resource data yang diperlukan untuk memproses panggilannya.

Pembatasan orang yang hendak ikut meeting atau melakukan video call bisa membantu kita lebih fokus terhadap apa yang akan dibahas, dan juga mengoptimalkan tampilan gambar video callnya.

3. Suara tidak terdengar jelas? Coba Aktifkan teks

Jika Anda sedang di tempat ramai tanpa headphone yang cukup bagus, Anda dapat menggunakan fitur teks otomatis yang dimiliki oleh beberapa applikasi, seperti google meet.

Dengan begitu komunikasi kita tetap berjalan walau anda tidak bisa mendengar suara dari sisi anda. Cara ini juga cukup membantu apabila kita memiliki tim yang memiliki kekurangan/disabilitas pada pendengaran.

4. Tampilkan layar presentasi yang penting saja

Saat menampilkan layar untuk presentasi, beberapa tools menyediakan tampilan hanya sebagian layar yang ingin difokuskan.

Ketimbang harus menampilkan seluruh layar dan mengakibatkan orang bisa melihat tampilan layar desktop kita, sesungguhnya kita bisa hanya memilih bagian-bagian tertentu saja.

Contoh, bila anda hanya ingin hanya presentasi saja yang dilampirkan, maka anda bisa memilih hanya program untuk presentasinya tadi.

5. Kurangi distraksi suara dengan headset nirkabel

Beberapa produsen headset kadang menggunakan hardware yang tidak kompatibel dengan beberapa jenis jack 3.5mm. Hal ini menimbulkan distraksi suara atau kita kenal dengan noise.

Hal ini bisa kita minimalisir dengan menggunakan headset nirkabel atau wireless. Faktanya penggunaan headset wireless ini juga bisa membuat kita bebas bergerak tanpa harus menghawatirkan kabel yang terbentang.

6. Alihkan jaringan internet wifi ke kabel

Untuk mereka yang menggunakan jaringan di rumah, kadang pembagian bandwitch tidak sebaik setingan akses wifi di kantor. Sehingga saat ada yang melakukan download file kapasitas besar, kecepatan internet akan terfokus kepada user yang sedang download tadi.

Sisanya pengguna lain akan mengalami penurunan speed atau kuota bandwitch, yang berakibat kualitas internet menurun.

Anda bisa mensiasati hal ini dengan mengalihkan penggunaan wifi ke jaringan kabel. Karena akses kabel biasanya diprioritaskan oleh modem secara default untuk mendapatkan pembagian yang merata.

Nah demikian tips agar video call anda lancar tanpa hambatan selama bekerja di rumah. Apapun software dan aplikasi yang anda gunakan, dengan tips ini harusnya tidak jadi masalah.