Apakah kamu salah satu pengguna Google Domain? Siap-siap, mulai Quarter 3 tahun ini, secara resmi akan dibeli oleh Squarespace. Lalu bagaimana nasib domain kamu?

Dalam perkembangan yang mengejutkan, Google Domains mengumumkan rencananya untuk menghentikan operasionalnya dan mentransfer bisnis dan asetnya ke Squarespace, platform pengembangan situs web terkemuka.

Melalui kesepakatan pembelian aset yang definitif, Squarespace akan mengakuisisi aset yang terkait dengan bisnis Google Domains, termasuk sekitar 10 juta domain yang dihosting di platform tersebut, melayani jutaan pelanggan. Langkah strategis ini sejalan dengan komitmen Google untuk menyederhanakan operasionalnya dan mengoptimalkan alokasi sumber daya.

Melihat Kembali Perjalanan Google Domain Sejak Diluncurkan

Sejak diluncurkan pada tahun 2014, Google Domains telah menjadi salah satu registrar domain terpercaya, dengan mengedepankan keamanan seperti port HTTPS dan penyedia top-level domains (TLDs) untuk berbagai ekstensi (com, net, dan sebagainya). Layanan ini sukses diluncurkan versi beta pada tahun 2022, menjadi populer karena User Interface yang mudah digunakan dan integrasinya dengan Cloud Infrastructure Google.

Interface Google Domain

Mengakui pentingnya proses transisi, Squarespace akan bekerja sama dengan tim Google Domains guna memastikan proses transfer tanpa kendala bagi para penggunanya selama beberapa bulan ke depan. Sebagai perusahaan dengan pengalaman dalam manajemen domain, Squarespace berharap dapat memberikan pengalaman terintegrasi kepada para pelanggan dalam membangun dan memelihara online presence terkait domain mereka secara efektif dan efisien.

Matt Madrigal, Wakil Presiden dan General Manager Merchant Shopping di Google, menyatakan, “Mendukung transisi yang lancar bagi pelanggan selama beberapa bulan ke depan, dengan bantuan tim Google Domains, adalah prioritas utama kami. Squarespace dapat memberikan pengalaman terintegrasi dalam pembelian dan pengelolaan domain serta menawarkan alat-alat lain yang mungkin dibutuhkan oleh para pelanggan untuk membangun kehadiran online mereka.”

Squarespace berkomitmen untuk tetap menghormati harga perpanjangan layanan domain dari para pelanggan Google Domains, setidaknya selama 12 bulan setelah penyelesaian serah terima tersebut, yang diharapkan akan terjadi pada kuartal ketiga tahun 2023. Squarespace menyebutkan agar pelanggan tak perlu hawatir, bahwa akun Google Domains mereka tidak akan terpengaruh saat ini, dan Squarespace akan mengambil alih kepemilikan dan pengelolaan domain tersebut setelah periode transisi selesai

Google telah merilis dokumen dukungan hari ini, yang memberikan informasi awal tentang perubahan yang akan datang, dengan pembaruan lebih lanjut.

Selain itu, dalam perkembangan yang mencolok, Squarespace akan menjadi penyedia domain eksklusif bagi pelanggan yang membeli domain bersama langganan Workspace mereka secara langsung dari Google, selama minimal tiga tahun. Squarespace juga akan menyediakan layanan penagihan dan dukungan kepada pelanggan Google Workspace yang mendaftar melalui Google Domains. Pelanggan tetap memiliki fleksibilitas untuk mengubah akun domain mereka sesuai kebutuhan.

Sumber: Squarespace.com

Shania Ratna Anjani

Penikmat senja di balik punggung teduhmu yang lapang, gemar menulis rencana masa depan yang kadang tidak bisa di duga