Pengguna instagram yang advance pasti sudah sangat familiar dengan linktree, sebuah aplikasi bisnis online yang bisa menambah jumlah link agar dapat diklik oleh user.

Tools selain linktree ini cukup ampuh meningkatkan konversi di beberapa bisnis, seperti toko online yang mengandalkan pemesanan melalui nomor whatsapp, atau mengarahkan pengunjung ke akun marketplace seperti tokopedia, shopee, dan bukalapak.

Tapi tahukah kalian, bahwa selain linktree, ada banyak tools link-in-profile yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan konversi penjualan di instagram?

Daftar Aplikasi Selain Linktree, Bisa Jadi Alternative Link-In-Profile Aplikasi Bisnis Online

Lintree adalah sebuah tools yang memungkinkan kita memiliki halaman tersendiri dalam profile instagram. Dalam halaman ini bisa berisi berbagai macam informasi penting, seperti kontak, halaman promosi, alamat email, atau hal-hal lain yang berkaitan dengan strategi digital marketing yang sedang kita lakukan.

Sumber : linktr.ee blog

Karena luasnya penggunaan linktree, menjadi keuntungan sendiri bagi mereka yang bisa mengaplikasikan link-in-profile ini. Dikarenakan demand yang tinggi, banyak developer yang mulai meluncurkan tools-tools aplikasi selain lintree untuk menggaet banyak user menggunakan applikasi buatan mereka.

Tentunya tools-tools tersebut memiliki kelebihan yang lebih mantap daripada linktree, penasaran toolsnya apa saja?

Berikut ini adalah 6 daftar tools pengganti linktree yang bisa kamu gunakan, simak.

1.Campsite

Setelah linktree, ada campsite yang menjadi primadona tools link-in-profile yang dipilih oleh para marketer dan bisnis online di Indonesia. Salah satu tools untuk membuat link di bio instagram ini cukup mudah di kustomisasi fiturnya.

Kelebihan dari Campsite adalah kita bisa menambahkan foto atau gambar dalam link. Tapi, gambar ini hanya akan muncul untuk postingan instagram (jika kita menggunakan campsite versi gratisan).

Sedangkan untuk postingan selain instagram, tidak akan muncul gambar sama sekali. Berikut adalah perbandingan antara campsite vs linktree dalam bentuk tabel agar lebih memudahkan.

FiturCampsiteLinktree
Biaya PenggunaanGratisGratis
Jumlah LinkUnlimitedUnlimited
Kustomisasi ProfileGratisBerbayar
Pelacakan Jumlah KlikTersediaTersedia

2.Link In Profile

Tools ini berbeda dari tools link in profile lainnya, saat yang lain kita bisa menambahkan multi link, tools ini justru memungkinkan kita memiliki mirroring content postingan instagram.

sumber: ampjar.com

Namun bukan berarti semua postingan kita akan muncul disini, tapi hanya beberapa yang kita pilih.

Tools ini cukup efektif digunakan oleh pemilik toko online yang ingin menghighlight produk mereka, atau best selling produk di bio, atau untuk influencer yang sengaja sedang melakukan campaign dan ingin tetap menjaga postingan tetap berada di top of the mind usernya.

FiturLinkInProfileLinktree
Biaya PenggunaanGratisGratis
Jumlah LinkUnlimitedUnlimited
Kustomisasi ProfileBerbayarBerbayar
Pelacakan Jumlah KlikTidak TersediaTersedia

3. Swipop

Bagi pemilik toko online atau yang ingin langsung melakukan transaksi melalui akun instagram, maka wajib menggunakan tools ini.

Sumber : Swipop.co

Swipop memungkinkan kita melakukan transaksi dalam profile instagram, namun masih terbatas pada pembayaran menggunakan akun stripe. Payment gateway ini sayangnya hanya di dukung oleh uni eropa dan amerika. Sedangkan untuk Indonesia, masih belum ada izin secara resminya.

Sehingga banyak yang mengakali dengan integrasi ke akun paypal.

FiturSwipopLinktree
Biaya PenggunaanGratisGratis
Jumlah LinkLimitedUnlimited
Kustomisasi ProfileGratisBerbayar
Pelacakan Jumlah KlikTersediaTersedia

4. Shor.by (Our Recommendation)

Tools yang satu ini cukup menjadi rekomendasi bagi kamu yang bosan dengan interface link-in-bio pada umumnya.

tampilan shor.by

Shor,by memungkinkan user untuk menambahkan multi messenger seperti WhatsApp Business, Telegram, Facebook Messenger dan lainnya dalam satu tampilan.

kelebihan dan kekurangan aplikasi shorby

Tentang Aplikasi Shor.by yang menawarkan $300 Dolar bagi Penggunanya

Jadi, user akan dengan mudah menentukan cara yang hendak mereka gunakan ketika ingin menghubungi bisnis yang kita gunakan. Selain itu, anda bisa menambahkan sedikit deskripsi yang bisa menjelaskan siapa/apa bisnis anda, seperti contoh gambar di atas.

Bagi mereka pengelola bisnis dengan omni channel, maka kami akan merekomendasikan tools satu ini.

FiturShor.byLinktree
Biaya PenggunaanGratisGratis
Jumlah LinkUnlimitedUnlimited
Kustomisasi ProfileGratisBerbayar
Pelacakan Jumlah KlikTersediaTersedia

5. ContactInBio

Yang terakhir adalah ContactInBio, buat mereka yang sudah familiar dengan Linktree, visual dari contactInBio tidak berbeda jauh, sehingga langsung bisa disetting seperti kita melakukan setting pada linktree.

Kelebihan dari tools ini adalah bisa mengirimkan pesan ke akun ContactInBio, yang tidak akan mengganggu email atau akun whatsapp kita dengan message spamming.

Dengan begitu, para admin yang mengelola social media kita bisa memilah pesan mana yang hendak di balas secara paralel.

6. Milkshake.app

Sebagai pemain baru, aplikasi link-in-profile ini telah menarik perhatian banyak pengguna di awal tahun 2020.

Milkshake.app memungkinkan kita membuat website di dalam profile instagram, dengan berbagai halaman landing, layaknya website-website profesional. Kita bisa memasukan banyak kalimat, foto-foto, hingga musik yang sering kita dengarkan.

Fiturmsha.keLinkTree
Biaya PenggunaanGratisGratis
Jumlah LinkUnlimitedUnlimited
Kustomiasasi ProfileGratisBerbayar
Pelacakan Jumlah KlikTersediaTersedia

Tools Aplikasi Bisnis Online yang kami sebutkan diatas rata-rata menyediakan versi gratis dan berbayar, walau begitu versi gratisannya sudah cukup untuk mengakomodir segala kebutuhan bisnis online anda.

Jika anda penasaran dengan cara memaksimalkan pendapatan bisnis online anda dengan strategi digital marketing, maka kami merekomendasikan untuk mengikuti kelas online yang sengaja kami rancang mengikuti kebutuhan anda.