5 Faktor penentu agar web muncul di Page One Google — Banyak yang penasaran, bagaimana caranya agar sebuah website bisa terindex atau muncul di halaman pertama google. Sudah bikin artikel dengan backlink yang banyak, ternyata tidak mampu mendongkrak ranking.

Baca : 4 Cara Cek Ranking Website

Kenyataanya backlink bukan hanya satu-satunya faktor penentu agar website bisa muncul di halaman pertama. Kami sudah menguji teori ini pada salah satu blog rintisan kami dengan sebuah kata kunci “Apa itu flow meter”. Dan hasilnya dia muncul di top 5 SERP google.

faktor ranking sebuah website di tinjau dari kontekstualitas

Bagaimana caranya agar website kalian seperti itu? Ada baiknya kalian penuhi 5 faktor penting agar website kalian terindex dengan baik di halaman pertama Google, apa saja faktor tersebut? Simak dibawah ini.

5 Faktor penentu agar web muncul di Page One Google

Agar muncul dan terindex dengan baik di halaman hasil pencarian, sesungguhnya Google sudah memiliki panduan tersendiri, kalian bisa membacanya pada tautan berikut ini.

Dari panduan tersebut, kami mencoba menelaah satu persatu dan menemukan ada 5 faktor penentu yang paling penting agar website bisa terindex dan muncul di halaman pertama dengan baik, antara lain :

1.Konten yang user-centric atau bertumpu pada apa masalah yang dicari user

Beberapa konten yang dibuat kadang tidak memperhatikan faktor penentu ini, padahal sudah cukup jelas rulesnya bahwa “Buatlah konten yang menjawab kebutuhan user”.

Hindari penggunaan keyword stuffing yang sudah ketinggalan jaman, dan mulailah buat konten dengan alur yang menarik untuk dibaca, serta menjawab apa yang ditanyakan oleh user. Cukup Jelas!

Sebuah konten yang user-centric lebih mudah disukai oleh pembaca, karena memang menjawab apa yang mereka ingin tahu. Dengan begitu crawlBOT pun dengan sukarela akan menampilkan informasi tersebut dalam hasil pencarian di halaman pertama.

2.Teknikal website yang optimal

Hal yang paling tidak disukai oleh crawlBOT dan manusia yang mencari informasi adalah kerusakan teknis, cukup jelas, siapa yang mau membaca atau melihat sesuatu yang rusak.

Technical Audit SEO yang optimal

Sebagaimana kami sebutkan dalam artikel apa itu search engine optimisation, bahwa SEO adalah sebuah seni. Jika seni itu indah, maka banyak orang yang suka untuk melihatnya terus menerus.

Teknikal website ini mencakup User Interface, User Experience (UI/UX) seperti:

  • Mobile Friendly/Responsive Site
  • Site Loading Speed
  • Minim Error (terutama 4xx dan 5xx respond code)

3. Rich Media Content Article

Bukan hanya masalah panjang atau pendek sebuah artikel yang bisa mengurangi angka bounce rate, tapi juga media yang mampu menarik perhatian mereka terhadap pendukung artikel.

Sebuah gambar, video, kutipan podcast, atau bahkan stream musik bisa membantu menurunkan bounce rate dan meningkatkan session dalam website kita. Oleh sebab itu letakan setidaknya dua media didalam website kita untuk lebih meningkatkan user experience.

4.Inbound dan Outbound Link

Bukan sekedar backlink, sebuah link building strategy yang bagus adalah yang relevan terhadap apa yang sedang anda bahas.

Strategi link building ini bukan hanya diterapkan diluar situs (off page) tapi juga sebaiknya diterapkan dalam situs (on page). Banyak pelaku SEO yang tidak memahami bagaimana penerapan inbound dan outbound yang justru menjadi kunci kesuksesan kampanye SEO kita.

5.Berikan Navigasi Yang Jelas

Struktur website dengan navigasi yang jelas membuat user mudah membaca alur setiap isi website kita.

Navigasi bisa beruba button, menu, atau box yang diletakan dalam artikel yang mengarahkan pembaca langsung ke halaman yang dimaksud. Jangan biarkan user berputar-putar hanya demi membuat mereka berlama-lama dalam situs anda.

Dengan mengenali 5 faktor tersebut, anda bisa membuat konten website muncul di halaman pertama SERP dengan baik. Jika dirasa anda sudah melakukan kelimanya namun masih juga belum mendapatkan hasil yang maksimal, maka kami punya solusi atas masalah anda di halaman ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat mengerjakan campaign SEO anda.