Google baru saja melakukan konfirmasi terkait update algoritma yang mereka lakukan pada tanggal 3 Desember 2020 kemarin.

Dan ini merupakan update ke tiga pada tahun 2020 yang, sepertinya, selalu membuat para SEO “panik” apakah akan mempengaruhi performance situs mereka atau tidak.

Kami pun melakukan evaluasi di search console, untuk memastikan apakah situs ini terkena imbas dari roll out core update, dan hasilnya, yes. Beberapa kali impact tersebut terlihat sebagai anomali di search console milik turnbacklink.

Efek Google Core Update Desember 2020

Panduan: Apa yang menjadi fokus core update ini?

Melalui akun twitter @searchliaison, google hanya menjelaskan tentang roll out sebagai sebuah aktivitas rutin yang dilakukan oleh developer mereka di beberapa baris algoritma pemrograman search coverage milik google.

Namun dari beberapa situs seperti searchenginejournal, menyebutkan bahwa roll out ini mungkin akan memberikan dampak, terhadap relevansi konten.

Efek Core Update Terhadap Performa Situs

Layaknya update-update lain, kebanyakan core update akan berdampak pada performa situs dan rank position di search engine result page. Efek tersebut bisa berbentuk kenaikan posisi, peningkatan trafik, atau bahkan sebaliknya.

Hal ini akan terjadi selama seminggu atau sebulan, sampai akhirnya proses roll out selesai dilakukan. Yang bisa kita lakukan cukup bersabar sampai proses itu benar-benar selesai.

Antisipasi: Bagaimana Bila Terkena Dampak?

Lalu bagaimana dengan situs yang terdampak buruk? Saran terbaik kami adalah melakukan evaluasi terhadap kampanye SEO yang di lakukan.

Anda bisa mulai dengan memeriksa teknikal audit terhadap situs anda, berdasarkan artikel panduan cara melakukan SEO yang telah kami buat.

Koreksi halaman mana yang paling terdampak, jika hanya beberapa konten saja, anda bisa melakukan revisi terhadap artikel agar lebih relevan. Jika sebagian besar halaman situs anda terdampak, berarti ada strategi off page SEO anda yang salah dan perlu immediate action.

Jika anda bingung harus mulai dari mana, tim konsultan SEO dan Digital Marketing kami siap membantu anda melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kampanye digital dan SEO, sehingga situs anda kembali ke performa awal atau bahkan lebih, meningkatkan coverage situs anda. Hubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut.