Hari ini kami menemukan Google Search Console Reporting menampilkan status 500, atau biasa yang kita kenal sebagai Internal Server Error. Masalah ini mengakibatkan data yang ditarik oleh Google Search Console menjadi tidak relevan, karena berdasar dashboard kami, data tersebut di tarik terakhir 108 jam yang lalu,

Dengan demikian, mengindikasikan bahwa terjadi kendala teknis pada sisi server Google, yang mengakibatkan semua pengguna tidak bisa mengakses tools Google Search Console.

Kamipun mencoba mencari informasi tambahan terkait apa yang dialami oleh Google, dan melalui akun twitter resminya yaitu @googlesearchc, google menginformasikan bahwa error tersebut masih dalam penyelidikan.

Di tambahkan pada informasi tersebut, bahwa hal ini tidak akan mempengaruhi proses Crawling, Indexing, dan Ranking pada situs-situs kita.

Apa yang harus dilakukan terkait error ini?

Sepertinya hingga postingan ini di terbitkan, pihak Google masih mencari apa yang mengakibatkan masalah ini. Dan dalam kurun waktu 1×24 Jam, akan kami terus monitor pergerakannya.

Radius Arianto

Tentang Author

Radius Arianto adalah Konsultan Lepas untuk Growth di TurnBacklink.com sekaligus Digital Marketing Lead di salah satu perusahaan penyedia sewa ruang kantor, GoWork. Dengan pengalaman lebih dari 7 tahun membantu banyak brand berkembang dengan strategi Organik Acquisition. Secara aktif beliau membagikan insight tentang SEO melalui berbagai seminar dan pelatihan di lembaga kursus. Untuk terhubung, Anda bisa menghubungi melalui surel, dan akun berikut ini